PUTRI, KARLINDA (2025) IMPLEMENTASI MEDIA ECOPRINT UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA PEMBELAJARAN IPAS PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK (ABSTRACT) - Putri Karlinda.pdf Download (173Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA LAMPIRAN - Putri Karlinda.pdf Restricted to Hanya staf Download (1535Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA PEMBAHASAN DAN LAMPIRAN ISI - Putri Karlinda.pdf Download (1097Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah rendahnya kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas IV di SD Negeri 01 Ogan Lima menjadi fokus utama dalam penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media ecoprint terhadap kemampuan berpikir kreatif pada pembelajaran IPAS. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group design. Sampel penelitian berjumlah 55 peserta didik yang diambil dari populasi 79 peserta didik menggunakan purposive sampling. Data dikumpulkan melalui tes pretest dan posttest, dan dianalisis dengan regresi linier sederhana. Hasil menunjukkan pengaruh signifikan media ecoprint terhadap kemampuan berpikir kreatif, dengan thitung 7,446 > ttabel 2,064 dan signifikansi 0,000 < 0,05. Media ecoprint terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Kata Kunci : berpikir kreatif, ecoprint, IPAS, sekolah dasar. The issue of low creative thinking skills among fourth-grade students at SD Negeri 01 Ogan Lima became the main focus of this research. This study aimed to analyze the effect of using ecoprint media on creative thinking skills in IPAS learning. The method used was a quasi-experimental design with a nonequivalent control group design. The research sample consisted of 55 students taken from a population of 79 students using purposive sampling. Data were collected through pretest and posttest assessments and were analyzed using simple linear regression. The results indicated a significant effect of ecoprint media on creative thinking skills, with a t-value of 7.446 > t-table of 2.064 and a significance level of 0.000 < 0.05. Ecoprint media proved to be effective in enhancing the creative thinking skills of the students. Keywords: creative thinking, ecoprint, IPAS, elementary school.
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
| Pengguna Deposit: | UPT . Desi Zulfi Melasari |
| Date Deposited: | 23 Oct 2025 08:34 |
| Terakhir diubah: | 23 Oct 2025 08:34 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/91891 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
