PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING BERBASIS E-MODUL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PJOK KELAS V

Septi , Iswarini (2025) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING BERBASIS E-MODUL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PJOK KELAS V. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (239Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3580Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2470Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) yang diajarkan di sekolah memiliki peran yang sangat penting dalam menunjang perkembangan peserta didik secara menyeluruh. Salah satu aspek utama dalam pembelajaran PJOK adalah pengembangan keterampilan motorik dasar. Model pembelajaran kooperatif (cooperative learning) menawarkan pendekatan yang relevan dan mendukung dalam proses pembelajaran PJOK. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan proses, menilai kelayakan, serta menguji efektivitas dari penerapan pembelajaran kooperatif berbasis e-modul untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V di SDN 1 Sukaraja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan mengadaptasi model Borg and Gall hingga tahap ketujuh, yaitu revisi produk operasional. Hal ini dikarenakan hasil pengembangan hanya akan diimplementasikan di lingkungan SDN 1 Sukaraja. Sampel dalam penelitian ini melibatkan 45 peserta didik kelas V. Analisis data dilakukan menggunakan uji N-Gain untuk mengetahui tingkat efektivitas pengembangan produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pengembangan mengikuti tahapan Borg & Gall yaitu pencarian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan bentuk produk awal, uji coba lapangan awal, revisi hasil uji coba lapangan awal, uji coba lapangan utama, revisi produk operasional, uji coba lapangan operasional, penyempurnaan produk akhir, diseminasi, dan implementasi. Kelayakan e-modul dinilai oleh ahli materi, ahli media, dan ahli desain pembelajaran. Hasil penilaian menunjukkan bahwa rata-rata keseluruhan kelayakan e-modul mencapai 87,67%. Dari segi efektivitas menunjukkan peningkatan signifikan, sebanyak 25 peserta didik (89,2%) efektivitas tinggi, sedangkan 3 peserta didik (10,7%) kategori sedang. Selain itu, hasil observasi menunjukkan bahwa 100% peserta didik memiliki kemampuan yang sangat baik setelah menggunakan e-modul dalam pembelajaran PJOK. Kata Kunci: Pembelajaran; Cooperative Learning E-Modul; Hasil Belajar; Pendidikan Jasmani; Olahraga dan Kesehatan Physical Education, Sports, and Health (PJOK) taught in schools plays a crucial role in supporting the overall development of students. One of the main aspects of PJOK learning is the development of basic motor skills. The cooperative learning model offers a relevant and supportive approach to the PJOK learning process. This study aims to develop the process, assess the feasibility, and test the effectiveness of implementing e-module-based cooperative learning to improve the learning outcomes of fifth-grade students at SDN 1 Sukaraja. The method used in this study is development research by adapting the Borg and Gall model up to the seventh stage, namely the revision of operational products. This is because the development results will only be implemented in the SDN 1 Sukaraja environment. The sample in this study involved 45 fifth-grade students. Data analysis was carried out using the N-Gain test to determine the level of effectiveness of product development. The research results indicate that the development process followed the Borg & Gall stages: data collection and discovery, planning, initial product development, initial field trials, revision of initial field trial results, main field trials, operational product revision, operational field trials, final product refinement, dissemination, and implementation. The e-module's feasibility was assessed by subject matter experts, media experts, and instructional design experts. The assessment results showed an overall average e-module feasibility score of 87.67%. In terms of effectiveness, there was a significant increase, with 25 students (89.2%) receiving high effectiveness, while 3 students (10.7%) received moderate effectiveness. Furthermore, observations indicated that 100% of students demonstrated excellent performance after using the e-module in Physical Education (PJOK) learning. Keywords: Learning; Cooperative Learning E-Module; Learning Outcomes; Physical Education; Sports and Health

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S2 Magister Teknologi Pendidikan
Pengguna Deposit: 2507566968 Digilib
Date Deposited: 24 Oct 2025 07:41
Terakhir diubah: 24 Oct 2025 07:41
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/91899

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir