PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PESERTA DIDIK DI MTsN 1 PESAWARAN

Nova , Yuliza (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PESERTA DIDIK DI MTsN 1 PESAWARAN. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Nova Yuliza .pdf

Download (217Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL - Nova Yuliza .pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3250Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN - Nova Yuliza .pdf

Download (2671Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran digital untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik, (2) mendeskripsikan karakteristik media pembelajaran digital untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik, dan (3) menganalisis efektivitas media pembelajaran digital dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik di MTsN 1 Pesawaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pengembangan media pembelajaran digital melalui tahapan Borg and Gall dengan 4 tahapan pokok yaitu (1) studi pendahuluan, (2) pengembangan produk, (3) uji coba produk secara terbatas, uji coba produk pada lapangan luas, dan uji coba operasional, dan (4) finalisasi mendapatkan hasil validasi dari ahli materi dan ahli media sebesar 98,33% dan 90,77% termasuk ke dalam kategori sangat valid. Karakteristik media pembelajaran digital untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika yang dikembangkan adalah bahan ajar berbentuk aplikasi smartphone yang membantu peserta didik dalam mempelajari materi aritmatika sosial bersifat berpusat pada pengguna, fleksibilitas materi, pembelajaran multisensorik, fitur interaktif untuk keterlibatan aktif, aksesibilitas tinggi dan desain responsive, serta navigasi intuitif dengan aspek kualitas media (66,79%), isi/materi (91,64%), dan penyajian (92,32%) menunjukkan bahwa media pembelajaran digital layak digunakan berdasarkan hasil analisis respon peserta didik. Berdasarkan hasil uji efektivitas penggunaan produk menunjukkan Nilai Rata-rata N-Gain sebesar 0,56 dengan kriteria sedang, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran digital dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik pada materi aritmatika sosial di MTsN 1 Pesawaran. Kata Kunci: Media pembelajaran digital, aritmatika sosial, pemecahan masalah matematika This development research aims to (1) describe the process of developing digital learning media to improve students' mathematical problem-solving abilities, (2) describe the characteristics of digital learning media to improve students' problem- solving abilities, and (3) analyze the effectiveness of digital learning media in improving students' mathematical problem-solving abilities at MTsN 1 Pesawaran. The results of the study indicate that the process of developing digital learning media through the Borg and Gall stages with 4 main stages, namely (1) preliminary study, (2) product development, (3) limited product trials, product trials in large fields, and operational trials, and (4) finalization obtained validation results from material experts and media experts of 98.33% and 90.77% included in the very valid category. The characteristics of digital learning media to improve mathematical problem-solving skills developed are teaching materials in the form of smartphone applications that help students learn social arithmetic material that is user-centered, material flexibility, multisensory learning, interactive features for active involvement, high accessibility and responsive design, and intuitive navigation with aspects of media quality (66.79%), content/material (91.64%), and presentation (92.32%) indicating that digital learning media is feasible to use based on the results of the analysis of student responses. Based on the results of the product use effectiveness test, the Average N-Gain Value is 0.56 with moderate criteria, so it can be concluded that the use of digital learning media can improve students' mathematical problem-solving skills in social arithmetic material at MTsN 1 Pesawaran. Keywords: Digital learning media, social arithmetic, mathematical problem solving

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S2 Magister Teknologi Pendidikan
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 24 Oct 2025 07:42
Terakhir diubah: 24 Oct 2025 07:42
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/91927

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir