MULTITRACK DIPLOMACY KOREA SELATAN DALAM MENYEBARKAN K-BEAUTY DI INDONESIA

Darin Fatin Maharani, - (2025) MULTITRACK DIPLOMACY KOREA SELATAN DALAM MENYEBARKAN K-BEAUTY DI INDONESIA. FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Darin Fatin Maharani.pdf

Download (591Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL TANPA LAMPIRAN - Darin Fatin Maharani.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3253Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA PEMBAHASAN - Darin Fatin Maharani.pdf

Download (3252Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Popularitas K-beauty di Indonesia bukan sekadar tren yang muncul secara tiba-tiba, tetapi merupakan hasil dari berbagai strategi yang dilakukan oleh Korea Selatan melalui strategi multitrack diplomacy. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana Korea Selatan menyebarluaskan K-beauty di Indonesia dengan menggunakan berbagai jalur diplomasi, khususnya melalui Track One (Government), Track Three (Business), Track Eight (Funding), dan Track Nine (Media). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data diperoleh dari berbagai sumber sekunder seperti dokumen resmi, laporan industri kecantikan, artikel jurnal, dan analisis media. Teori multitrack diplomacy digunakan sebagai kerangka analisis untuk memahami peran berbagai aktor dalam proses penyebaran K-beauty. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemerintah Korea Selatan (Track One) berperan sebagai fasilitator utama; sektor bisnis (Track Three) berperan sebagai penggerak utama dalam distribusi dan pemasaran produk; pendanaan (Track Eight) berperan sebagai penyedia dukungan finansial; dan media (Track Nine) berperan sebagai saluran komunikasi dan promosi. Keempat jalur tersebut bekerja sama sebagai bentuk multitrack diplomacy Korea Selatan dalam penyebaran K-beauty di Indonesia. Kata Kunci: K-beauty, Multitrack Diplomacy, Korea Selatan, Industri Kecantikan The popularity of K-beauty in Indonesia is not merely a sudden trend but the result of various strategies implemented by South Korea through multitrack diplomacy. This study aims to analyze how South Korea promotes and spreading K-beauty in Indonesia through different diplomatic channels, particularly Track One (Government), Track Three (Business), Track Eight (Funding), and Track Nine (Media). This research employs a qualitative method with a descriptive approach. Data were collected from secondary sources such as official documents, beauty industry reports, journal articles, and media analysis. The multitrack diplomacy theory serves as the analytical framework to understand the roles of different actors in the spread of K-beauty. The research findings show that the South Korean government (Track One) acts as the primary facilitator; the business sector (Track Three) serves as the main driver in product distribution and marketing; funding (Track Eight) provide financial support; and media (Track Nine) function as communication and promotional channels. These four tracks operate in synergy as part of South Korea’s multitrack diplomacy in promoting K- beauty in Indonesia. Keywords: K-beauty, Multitrack Diplomacy, Korea Selatan, Beauty Industry

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 302 Interaksi sosial
300 Ilmu sosial > 303 Proses sosial
Program Studi: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK (FISIP) > Prodi S1-Hubungan Internasional
Pengguna Deposit: UPT . Ery Elyasari
Date Deposited: 27 Oct 2025 01:24
Terakhir diubah: 27 Oct 2025 01:24
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/91956

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir