Veni Alpiona, - (2025) EFEKTIVITAS MODEL FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN VISUALISASI MOLEKUL 3D PADA MATERI HIDROKARBON UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI REPRESENTASI KIMIA. FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK - Veni Alpiona.pdf Download (286Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SKRIPSI FULL - Veni Alpiona.pdf Restricted to Hanya staf Download (3283Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN - Veni Alpiona.pdf Download (2273Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model flipped classroom berbantuan visualisasi molekul 3D pada materi hidrokarbon dalam meningkatkan kompetensi representasi kimia siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi-experimental dengan non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluru siswa kelas XII IPA SMAN 12 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2024/2025. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, sehingga terpilih kelas XII K.P 2.2 sebagai kelas kontrol, dan kelas XII K.P 2.3 sebagai kelas eksperimen. Pada kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional, dan pada kelas eksperimen diterapkan model flipped classroom berbantuan visualisasi molekul 3D dengan Software Avogadro. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji perbedaan dua rata-rata dengan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-gain kompetensi representasi kimia bernilai 0,62 berkriteria sedang di kelas eksperimen, dan terdapat perbedaan n-gain rata-rata lebih tinggi secara signifikan pada kelas eksperimen dibandingkan rata-rata n-gain kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa model flipped classroom berbantuan visualisasi molekul 3D pada materi hidrokarbon efektif dalam meningkatkan kompetensi representasi kimia siswa. Kata kunci: flipped classroom, visualisasi molekul 3D, software Avogadro, kompetensi representasi, hidrokarbon This study aims to describe the effectiveness of a flipped-classroom model, supported by 3D molecular visualization, on the topic of hydrocarbons in improving students’ chemical representation competence. The research employed a quasi-experimental design with a non-equivalent control group. The population consisted of all 12th-grade science students at SMAN 12 Bandar Lampung during the 2024/2025 academic year. Using purposive sampling, class XII K.P 2.2 was selected as the control group, while class XII K.P 2.3 served as the experimental group. The control group received conventional instruction, whereas the experimental group experienced flipped-classroom instruction enhanced with 3D molecular visualization using the Avogadro software. Data were analyzed using an independent-samples t-test to compare mean scores. The results showed that the average normalized gain (n-gain) for chemical representation competence in the experimental group was 0.62, categorized as moderate. Additionally, the experimental group exhibited a significantly higher average n-gain compared to the control group. Based on these findings, it can be concluded that the flipped-classroom model, supported by 3D molecular visualization on hydrocarbon material, is effective in improving students’ chemical representation competence. Kata kunci: flipped classroom, 3D molecular visualization, Avogadro software, representation competence, hydrocarbons.
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Kimia |
| Pengguna Deposit: | UPT . Ery Elyasari |
| Date Deposited: | 27 Oct 2025 01:38 |
| Terakhir diubah: | 27 Oct 2025 01:38 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/91959 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
