Mauly , Damaysa Purba Nabura (2025) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE, INTEGRATED, READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI TEKS BACAAN PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK_Mauly Damaysa Purba Nabura_2113053278 - mauly damaysa.pdf Download (150Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SKRIPSI_TANPA LAMPIRAN_MAULY DAMAYSA PURBA N_2113053278 - mauly damaysa.pdf Restricted to Hanya staf Download (1102Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
SKRIPSI_TANPA BAB PEMBAHASAN_MAULY DAMAYSA PURBA N_2113053278 - mauly damaysa.pdf Download (942Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan memahami teks bacaan peserta didik kelas III pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran cooperative integrated reading and compisition (CIRC) terhadap kemampuan memahami teks bacaan peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen yang berbentuk quasi experimental design dengan desain penelitian non equivalent control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh yaitu, seluruh anggota populasi dijadikan sebagai sampel,dengan sampel sebanyak 42 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t dengan hasil output menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, karena sig 0,00<0,05 yang berarti terdapat perbedaan kemampuan memahami teks bacaan kelas eksperimen dan kelas kontrol, hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran CIRC efektif dalam meningkatkan kemampuan memahami teks bacaan peserta didik. Dapat disimpulkan bahwa terdapat efektivitas model pembelajaran CIRC terhadap kemampuan memahami teks bacaan peserta didik pada pelajaran Bahasa Indonesia kelas III SD Negeri 6 Metro Utara. Kata kunci: circ, model pembelajaran, teks bacaan. The problem in this study was the low ability to understand reading texts of grade III students in Indonesian language learning. The purpose of this study was to determine the effectiveness of the Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) learning model on the ability to understand reading texts of students. The type of research used was an experiment in the form of a quasi-experimental design with a non-equivalent control group design. The sampling technique used was saturated sampling, namely, all members of the population were used as samples, with a total of 42 students. Data collection techniques were carried out using test and non-test methods. Hypothesis testing used a t-test, and the output results showed that Ho was rejected and Ha was accepted, because sig 0.00 < 0.05, which meant there was a difference in the ability to understand reading texts between the experimental class and the control class. This showed that the CIRC learning model was effective in improving students' reading comprehension skills. It was concluded that there was an effectiveness of the CIRC learning model on the ability to understand reading texts of students in Indonesian language lessons in grade III of SD Negeri 6 Metro Utara. Keywords: circ, learning model, reading text.
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
| Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
| Date Deposited: | 27 Oct 2025 01:29 |
| Terakhir diubah: | 27 Oct 2025 01:29 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/91960 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
