PERAN PENDIDIK DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR

MIFTA , REGITA CANTIKA (2025) PERAN PENDIDIK DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK_Mifta Regita Cantika - Mifta Regita Cantika.pdf

Download (118Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL TANPA LAMPIRAN - Mifta Regita Cantika.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1920Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB IV DAN LAMPIRAN - Mifta Regita Cantika.pdf

Download (1769Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran pendidik dalam membentuk karakter peserta didik di SD Se-Gugus RA Kartini, Kecamatan Metro Timur. Fokus utama penelitian mencakup lima peran pendidik: sebagai inspirator, motivator, dinamisator, teladan, dan evaluator dalam konteks pembelajaran di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek penelitian adalah pendidik dan kepala sekolah di SD Se- Gugus RA Kartini, Metro Timur dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidik berperan secara aktif dalam membentuk karakter peserta didik melalui lima poin, yaitu inspirator, motivator, dinamisator, keteladanan, dan evaluator. Sebagai inspirator, pendidik menghadirkan pembelajaran reflektif dan humanis meski masih didominasi oleh peran pendidik. Sebagai motivator, pendidik menciptakan suasana positif dengan reward simbolik dan pendekatan personal, namun belum terintegrasi secara sistematis. Dalam peran dinamisator, pendidik menggunakan metode variatif untuk menumbuhkan kerja sama dan tanggung jawab, meskipun terbatas fasilitas dan kesiapan siswa. Sebagai teladan, pendidik menunjukkan sikap positif melalui kegiatan rutin, tetapi konsistensinya perlu ditingkatkan. Terakhir, sebagai evaluator, pendidik menilai karakter lewat observasi dan asesmen informal, namun masih minim dokumentasi dan instrumen baku. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa peran pendidik dalam membentuk karakter peserta didik mencerminkan upaya yang holistik namun masih menghadapi tantangan dalam konsistensi, pemerataan, dan sistematisasi. Kelima peran tersebut saling melengkapi dalam menciptakan lingkungan belajar yang bermakna dan berkarakter. Diperlukan penguatan strategi dan dukungan berkelanjutan agar peran pendidik berjalan optimal dan berdampak menyeluruh. Kata Kunci: peran pendidik, pembentukan karakter, sekolah dasar. This study aimed to describe the role of educators in shaping the character of students at elementary schools within the RA Kartini Cluster, East Metro District. The main focus of the research included five educator roles: as an inspirator, motivator, dynamizer, role model, and evaluator within the context of elementary school learning. This research employed a qualitative approach using a case study method. The subjects of the study were educators and principals at elementary schools in the RA Kartini Cluster, East Metro, with data collected through observation, interviews, and document analysis. The results showed that educators actively contributed to character development through the five roles mentioned: inspirator, motivator, dynamizer, role model, and evaluator. As inspirators, educators presented reflective and humanistic learning, although the process was still largely teacher-dominated. As motivators, educators created a positive atmosphere with symbolic rewards and personal approaches, though these efforts were not yet systematically integrated. In the role of dynamizers, educators used varied methods to foster collaboration and responsibility, despite limitations in facilities and student readiness. As role models, educators demonstrated positive attitudes through routine activities, although consistency still needed improvement. Lastly, as evaluators, educators assessed character through observation and informal assessments, yet documentation and standardized instruments remained limited. The conclusion of this study was that the role of educators in shaping students' character reflected a holistic effort but still faced challenges in terms of consistency, equity, and systematization. These five roles complemented each other in creating a meaningful and character-driven learning environment. Strengthening strategies and ongoing support were needed to ensure the educator's role functioned optimally and had a broad impact. Keywords: educator’s role, character building, elementary school

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 27 Oct 2025 02:06
Terakhir diubah: 27 Oct 2025 02:06
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/91979

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir