RIZKY , PRASETYA (2025) DAMPAK GAME ONLINE TERHADAP KELULUSAN TEPAT WAKTU PADA ALUMNI JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT - RIZKY PRASETYA.pdf Download (231Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2. SKRIPSI FULL - RIZKY PRASETYA.pdf Restricted to Hanya staf Download (1948Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - RIZKY PRASETYA.pdf Download (1746Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui intensitas penggunaan game online dan pengaruhnya terhadap kelulusan tepat waktu pada alumni Pendidikan MIPA FKIP Universitas Lampung. Menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan desain korelasional, penelitian ini melibatkan 100 alumni lulusan 2020-2024. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian yaitu teknik Proportionate Stratified Random Sampling. Variabel bebas adalah intensitas bermain game online, dan variabel terikat adalah kelulusan tepat waktu. Data dikumpulkan menggunakan skala dan diuji dengan one-way ANOVA dan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan kelompok yang bermain lebih dari 7 jam per hari memiliki intensitas penggunaan game online yang lebih tinggi, dan perbedaan signifikan ditemukan antara intensitas ini dengan intensitas yang bermain kurang dari 2 jam. Hasil uji regresi menunjukkan hubungan negatif yang signifikan, dengan setiap kenaikan intensitas bermain mengurangi kemungkinan kelulusan tepat waktu sebesar 0,041. Nilai t -7,354 dan p-value 0,000<0,005 dan Adjusted R Square 0,490 menunjukkan bahwa 49% kelulusan tepat waktu dipengaruhi oleh intensitas bermain game online. Kata Kunci: alumni Pendidikan MIPA, game online, intensitas bermain, kelulusan tepat waktu This study aims to examine the intensity of online game usage and its impact on timely graduation among alumni of the Mathematics and Natural Sciences Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, University of Lampung. Using a quantitative descriptive method with a correlational design, the study involved 100 alumni who graduated between 2020 and 2024. The sampling technique used was Proportionate Stratified Random Sampling. The independent variable is the intensity of online gaming, while the dependent variable is timely graduation. Data were collected using a scale and analyzed through one-way ANOVA and simple linear regression. The results show that the group playing more than 7 hours per day had a higher intensity of online game usage, and a significant difference was found when compared to those playing less than 2 hours. The regression test indicated a significant negative relationship, with each increase in gaming intensity reducing the likelihood of timely graduation by 0.041. A t-value of -7.354 and a p-value of 0.000 < 0.005, along with an Adjusted R Square of 0.490, suggest that 49% of the variance in timely graduation is influenced by the intensity of online gaming. Keywords: MIPA education alumni, online games, gaming intensity, timely graduation
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Teknologi Informasi |
| Pengguna Deposit: | UPT . Desi Zulfi Melasari |
| Date Deposited: | 27 Oct 2025 02:27 |
| Terakhir diubah: | 27 Oct 2025 02:27 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/91988 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
