PENGARUH PENGGUNAAN DESAIN DIDAKTIS PADA MATERI PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 26 Bandar Lampung Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2024/2025)

Salsabila , Intan Anggraini (2025) PENGARUH PENGGUNAAN DESAIN DIDAKTIS PADA MATERI PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 26 Bandar Lampung Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2024/2025). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
Abstrak_Salsabila Intan Anggraini_2153021002 - Salsabila Intan Anggraini.pdf

Download (266Kb) | Preview
[img] File PDF
Skripsi Full Tanpa Lampiran_Salsabila Intan Anggraini_2153021002 - Salsabila Intan Anggraini.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3604Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
Skripsi tanpa Lampiran dan Pembahasan_Salsabila Intan Anggraini_2153021002 - Salsabila Intan Anggraini.pdf

Download (2758Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan desain didaktis pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 26 Bandar Lampung semester ganjil tahun pelajaran 2024/2025 yang berjumlah 233 siswa, tersebar ke dalam delapan kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 sebanyak 29 orang yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment. Desain yang digunakan yaitu one group pretest-posttest, dimana pretest menggunakan nilai UTS setelah penerapan desain didaktis konvensional atau tepat sebelum penerapan desain didaktis. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep siswa berdasarkan nilai posttest setelah penerapan desain didaktis pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel lebih tinggi dibandingkan dengan nilai UTS yang diperoleh sebelum penerapan desain didaktis pada materi sebelum persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel. Dengan demikian, penggunaan desain didaktis pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel memberikan pengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa kelas VII SMP Negeri 26 Bandar Lampung pada semester ganjil tahun pelajaran 2024/2025. Kata Kunci: desain didaktis, kemampuan pemahaman konsep, persamaan linear, pertidaksamaan linear, rancangan pembelajaran matematika. This study aimed to determine the effect of using didactic design on the topic of linear equations and inequalities in one variable on students’ conceptual understanding. The population of this study consisted of all seventh-grade students at SMP Negeri 26 Bandar Lampung during the odd semester of the 2024/2025 academic year, totaling 233 students across eight classes. The sample used in this study was class VII-1, consisting of 29 students selected through purposive sampling. The research method employed was a quasi-experiment, using a one- group pretest-posttest design. The pretest scores were represented by the midterm (UTS) results, obtained after the implementation of conventional didactic design and just before the application of the new didactic design. The data analysis technique used the Wilcoxon test. The results showed a difference in students’ conceptual understanding, as indicated by a comparison between the UTS scores before the implementation of the didactic design and the posttest scores after the implementation of the didactic design on the topic of linear equations and inequalities in one variable. Thus, it was concluded that the use of didactic design in teaching linear equations and inequalities in one variable had an effect on the conceptual understanding of seventh-grade students at SMP Negeri 26 Bandar Lampung during the odd semester of the 2024/2025 academic year. Keywords: didactical design, concept understanding ability, linear equation, linear inequality, mathematics learning design.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 27 Oct 2025 02:49
Terakhir diubah: 27 Oct 2025 02:49
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/91996

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir