Silfi Auliyanti, 1013024085 (2015) PENGARUH PENGGUNAAN E-LEARNING TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK VIRUS (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2014/2015). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (18Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (30Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENYETUJUI.pdf Download (214Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENGESAHKAN.pdf Download (248Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SURAT PERNYATAAN.pdf Download (289Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (23Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (169Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (46Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (82Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (170Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (181Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (441Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (298Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (85Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (173Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan e-learning terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi pokok virus di SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X 1 dan X 2 SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa hasil belajar siswa, diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes, dan N-gain yang dianalisis dengan menggunakan uji-t dan uji-U. Data kualitatif berupa aktivitas belajar dan tanggapan siswa yang diperoleh dengan menggunakan lembar Silfi Auliyanti iii observasi dan angket tanggapan siswa terhadap penggunaan e-learning yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan e-learning berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa dengan rata-rata pretes pada kelas eksperimen 27,62± 9,63; rata-rata postes 82,67 ± 6,18; dan rata-rata N-gain sebesar 75,75 ± 9,57. Peningkatan hasil belajar siswa juga terjadi pada indikator aspek kognitif (C1, C2, C3, dan C4) dengan rata-rata N-gain pada indikator C1 sebesar 78,71±12,15; indikator C2 55,78±32,75; indikator C3 sebesar 60,00±29,07; dan indikator C4 53,33±50,74. Sedangkan rata-rata aktivitas belajar siswa dalam semua aspek yang diamati pada kelas eksperimen adalah 80,63±7,56 dengan kriteria tinggi. Selain itu, hampir semua siswa (96,67%) merasa senang mempelajari materi dengan menggunakan e-learning. Dengan demikian, pembelajaran dengan menggunakan e-learning berpengaruh signifikan dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi pokok virus. Kata kunci : E-learning, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Virus
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > QH Natural history > QH301 Biology |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | 5973887 . Digilib |
Date Deposited: | 27 Apr 2015 07:35 |
Terakhir diubah: | 27 Apr 2015 07:35 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/9203 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |