PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2024/2025)

Ayu, Naharotu Zahro (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2024/2025). FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Ayu Naharotu Zahro.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img] File PDF
FULL1-5 - Ayu Naharotu Zahro.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1116Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
tanpa bab 4 - Ayu Naharotu Zahro.pdf

Download (1058Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penalaran matematis tidak tumbuh dari hafalan, tetapi dari pengalaman memecahkan masalah nyata yang mendorong siswa untuk berpikir logis, menghubungkan konsep dan menarik sebuah kesimpulan berdasarkan penalaran mendalam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa semester ganjil kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung tahun pelajaran 2024/2025 yang terdistribusi dalam lima kelas yaitu kelas VIII A sampai kelas VIII E. Sampel dipilih menggunakan teknik cluster random sampling, terpilih kelas VIII A dengan jumlah 32 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C dengan jumlah 31 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes kemampuan penalaran matematis siswa berupa soal esai. Data penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh dari tes kemampuan penalaran matematis. Desain yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Hasil analisis data dengan uji Mann-Whiteney U terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa antara siswa yang mengikuti pembelajaran CPS dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan penalaran matematis siswa yang mengikuti model pembelajaran CPS meningkat lebih tinggi dibanding dengan kemampuan penalaran matematis siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran CPS berpengaruh terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Kata Kunci: Penalaran, Kemampuan Penalaran Matematis, Model Pembelajaran, Model Pembelajaran CPS Mathematical reasoning does not grow from memorization, but from the experience of solving real problems that encourage students to think logically, connect concepts and draw a conclusion based on in-depth reasoning. This study aims to determine the effect of Creative Problem Solving (CPS) learning model on students' mathematical reasoning ability. The population in this study were all students in the odd semester of class VIII of SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung in the 2024/2025 academic year distributed in five classes, namely class VIII A to class VIII E. The sample was selected using cluster random sampling technique, class VIII A with 32 students was selected as the experimental class and class VIII C with 31 students as the control class. The instrument used in this study was a student mathematical reasoning ability test instrument in the form of essay questions. The data of this research is quantitative data obtained from mathematical reasoning ability test. The design used was nonequivalent control group design. The results of data analysis with Mann-Whiteney U test there is a difference in students' mathematical reasoning ability between students who follow CPS learning and students who follow conventional learning. The results showed that the mathematical reasoning ability of students who followed the CPS learning model increased higher than the mathematical reasoning ability of students who followed the conventional learning model. Thus, it can be concluded that the CPS learning model affects students' mathematical reasoning skills. Keywords: Reasoning, Mathematical Reasoning Ability, Learning Model, CPS Learning Model

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika
Program Studi: FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (FMIPA) > Prodi S1 Matematika
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 27 Oct 2025 04:11
Terakhir diubah: 27 Oct 2025 04:11
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92039

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir