PENGEMBANGAN MEDIA MOBILE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PJOK SEMESTER GENAP KELAS VII SMP

Tasya Dwi Shinta, - (2025) PENGEMBANGAN MEDIA MOBILE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PJOK SEMESTER GENAP KELAS VII SMP. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT - TASYA DWI SHINTA.pdf

Download (195Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL - TASYA DWI SHINTA.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - TASYA DWI SHINTA.pdf

Download (2209Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media mobile learning dalam pembelajaran (PJOK) semester genap, yang terdiri dari lima materi untuk siswa kelas VII SMP. Metode yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan ADDIE, yang terdiri dari lima tahap, yaitu analisis, perencanaan, pengembangan, pelaksanaan, dan evaluasi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan angket kuesioner. Wawancara dignakan untuk mengidentifikasi permasalahan yang ada, sedangkan angket digunakan untuk memvalidasi kelayakan media mobile learning yang dikembangkan. Hasil penelitian ini berupa media mobile learning yang dapat diunduh di Google Play Store dan diinstal pada gawai android. Media mobile learning yang dikembangkan dinilai layak berdasarkan hasil validasi dan revisi oleh ahli materi pembelajaran dengan persentase 91,42%, ahli media pembelajaran 97,14%, ahli bahasa 97,14%, dan pendidik PJOK 94,28%. Selain itu, uji coba pemakaian skala kecil oleh peserta didik memperoleh persentase 92,28%, sedangkan pada skala besar, guru memberikan penilaian sebesar 96,19% dan peserta didik 96,08%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media mobile learning yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran PJOK di SMP Negeri 5 Bandarlampung. Kata kunci: android, aplikasi, media pembelajaran, mobile learning, pengembangan, pjok This study aims to develop mobile learning media for the Physical Education, Sports, and Health (PJOK) subject in the second semester, consisting of five learning topics for seventh-grade junior high school students.The method used is the ADDIE development research method, which consists of five steps: Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The data collection techniques used are interviews and questionnaires. Interviews were used to identify existing problems, while questionnaires were used to validate the feasibility of the developed mobile learning media. The result of this study is a mobile learning media product that can be downloaded from the Google Play Store and installed on Android devices. The developed mobile learning media was considered feasible based on validation and revisions by subject matter experts (91.42%), instructional media experts (97.14%), language experts (97.14%), and PJOK educators (94.28%). In addition, a small-scale trial conducted with students resulted in a score of 92.28%, while in the large-scale trial, teachers gave a score of 96.19% and students 96.08%. Therefore, it can be concluded that the developed mobile learning media is feasible for use as a PJOK learning tool at SMP Negeri 5 Bandarlampung. Keywords: android, application, development, learning media, mobile learning, physical education, sports, and health (pjok)

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (PENJASKES)
Pengguna Deposit: UPT . Ery Elyasari
Date Deposited: 27 Oct 2025 06:42
Terakhir diubah: 27 Oct 2025 06:42
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92071

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir