PENGARUH TAYANGAN KONTEN TIKTOK AFFILIATE @inikiranaaa__ TERHADAP MINAT BELI FOLLOWERS PADA PRODUK FASHION

Shinta Nuraliska Purnama, - (2025) PENGARUH TAYANGAN KONTEN TIKTOK AFFILIATE @inikiranaaa__ TERHADAP MINAT BELI FOLLOWERS PADA PRODUK FASHION. FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Shinta Nuraliska 1663.pdf

Download (239Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL - Shinta Nuraliska Purnama.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN - Shinta Nuraliska 1663.pdf

Download (3365Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

TikTok kini dimanfaatkan sebagai media pemasaran melalui fitur TikTok affiliate, seperti yang dilakukan akun @inikiranaaa__ yang menyajikan konten fashion dan rekomendasi produk yang berpotensi memengaruhi minat beli followers. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur seberapa besar pengaruh tayangan konten TikTok affiliate @inikiranaaa__ terhadap minat beli followers pada produk fashion. Penelitian ini menerapkan teori Uses and Effect dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei terhadap 100 responden dari 761,3 ribu followers akun @inikiranaaa__ yang dipilih menggunakan Teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan dari tayangan konten TikTok affiliate @inikiranaaa__ terhadap minat beli followers dengan t hitung 13,257 > 1,984 t tabel, maka H0 ditolak dan H1 diterima dengan nilai pengaruh sebesar 64,2% berdasarkan uji koefisien determinasi. Temuan lain menunjukkan bahwa dimensi tertinggi pada variabel Tayangan Konten adalah dimensi sender’s expertise, sedangkan pada variabel Minat Beli ditujukan oleh dimensi minat eksploratif. Secara keseluruhan, temuan penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan media sosial, khususnya TikTok sebagai sarana komunikasi pemasaran digital terbukti efektif dalam memengaruhi perilaku konsumen digital melalui penyajian konten yang menarik, relevan, dan mudah diakses oleh audiens. Kata Kunci: TikTok affiliate, minat beli, konten fashion. TikTok is now utilized as a marketing medium through its affiliate feature, as seen in the account @inikiranaaa__, which presents fashion content and product recommendations potentially influencing followers’ purchase intention. This study aims to measure the influence of TikTok affiliate content from @inikiranaaa__ on followers’ purchase intention toward fashion products. The study adopts the Uses and Effect theory with a quantitative approach and survey method involving 100 respondents, selected purposively from 761.3 thousand followers. The results show a positive and significant influence, with a t-value of 13.257 > t-table value of 1.984, indicating that H0 is rejected and H1 accepted. The influence rate is 64.2%, based on the coefficient of determination, categorized as strong. Further findings show the highest dimension of Content Exposure is sender’s expertise, while in Purchase Intention it is exploratory interest. Overall, this study indicates that social media, particularly TikTok, is an effective digital marketing tool in influencing consumer behavior through engaging, relevant, and accessible content. Keywords: TikTok affiliate, purchase intention, fashion content.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
Program Studi: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK (FISIP) > Prodi S1-Ilmu Komunikasi
Pengguna Deposit: UPT . Ery Elyasari
Date Deposited: 27 Oct 2025 06:59
Terakhir diubah: 27 Oct 2025 06:59
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92074

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir