ASNI RAHMA TIKA , - (2025) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PENGOLAHAN LIMBAH KULIT NANAS DAN AMPAS TEBU DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK-ASNI RAHMA TIKA 2013023018 - ASNI RAHMA TIKA.pdf Download (242Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ASNI RAHMA TIKA 2013023018 - ASNI RAHMA TIKA.pdf Restricted to Hanya staf Download (5Mb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA PEMBAHASAN - ASNI RAHMA TIKA.pdf Download (1956Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran berbasis proyek pengolahan limbah kulit nanas dan ampas tebu dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah weak eksperiment dengan desain the one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMAN 16 Bandar Lampung. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dan kelas XI.F4 dijadikan sebagai sampel penelitian. Teknik analisis data dilakukan dengan uji statistik parametrik uji t dan perhitungan n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest siswa lebih tinggi daripada nilai rata- rata pretest, dengan n-gain rata-rata siswa yaitu sebesar 0,49 yang berkategori sedang. Rata rata persentase respon siswa sebesar 82,5% dan keterlaksanaan pembelajaran sebesar 80,1% berkategori sangat baik dan sangat tinggi. Berdasar- kan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis proyek pengolahan limbah kulit nanas dan ampas tebu efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa SMA. Kata kunci : pembelajaran berbasis proyek, keterampilan berpikir kreatif, limbah ampas tebu, limbah kulit nanas This study aims to describe the effectiveness of project-based learning (PBL) in processing sugarcane bagasse and pineapple peel waste to enhance the creative thinking skills of senior high school students. A weak experimental design with a one-group Pretest–posttest format was employed. The population comprised all eleventh-grade students at SMAN 16 Bandar Lampung, and purposive sampling was used to select class XI.F4 as the research sample. Data were analyzed using parametric statistics (dependent-sample t-test) and normalized gain (n-gain) calculations. The results show that the mean posttest score was higher than the mean Pretest score, with an average n-gain of 0.49, categorized as moderate. Additionally, the average student response rate was 82.5%, and the overall implementation fidelity of the PBL approach was 80.1%, both classified as very good to very high. These findings indicate that PBL in processing sugarcane bagasse and pineapple peel waste is effective in improving the creative thinking skills of high school students. Keywords : project-based learning, creative thinking skills, sugarcane bagasse waste, pineapple peel waste
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Kimia |
| Pengguna Deposit: | UPT . Ery Elyasari |
| Date Deposited: | 27 Oct 2025 08:20 |
| Terakhir diubah: | 27 Oct 2025 08:20 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92091 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
