SITI , HAQQU PUTRI (2025) PENGARUH CERITA FABEL TERHADAP KECERDASAN LINGUISTIK ANAK USIA 5-6 TAHUN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
Skripsi Abstrak_ Siti Haqqu Putri - Siti Haqqu Putri.pdf Download (129Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Skripsi Full Tanpa Lampiran_Siti Haqqu Putri - Siti Haqqu Putri.pdf Restricted to Hanya staf Download (1228Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
Skripsi Tanpa Pembahasan_Siti Haqqu Putri - Siti Haqqu Putri.pdf Download (961Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Kecerdasan linguistik anak terutama berbicara dan menyimak, merupakan aspek krusial dalam perkembangan anak usia dini. Namun, studi pendahuluan di TK Sari Teladan menemukan bahwa anak usia 5-6 tahun belum menunjukkan kemampuan komunikasi yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh cerita fabel terhadap kecerdasan linguistik anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pre-eksperimen dengan pendekatan one - grup pre- test dan post-test. Sampel penelitian sebanyak 22 anak usia 5-6 tahun dengan menggunakan teknik random sampling. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan observasi. Analisis uji hipotesis menggunakan uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukan sebelum perlakuan terdapat 5% atau 1 anak berada dalam kategori belum berkembang kecerdasan linguistiknya dan 59% atau 13 anak yang berada dalam kategori mulai berkembang, setelah perlakuan terdapat 9% atau 2 anak yang berada dalam kategori berkembang sesuai harapan dan 82% atau 18 anak berada dalam kategori berkembang sangat baik. Setelah dilakukan analisis menggunakan uji wilcoxon terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kecerdasan linguistik anak usia 5 – 6 tahun dengan nilai (Asymp. sig) yaitu 0,00 < 0,05 yang artinya hipotesis diterima dan cerita fabel memberikan pengaruh terhadap kecerdasan linguistik anak usia 5-6 tahun di TK Sari Teladan. Kata kunci : Anak usia dini, cerita fabel, kecerdasan linguistik Linguistic intelligence in children, especially speaking and listening, is a crucial aspect of early childhood development. However, a preliminary study at Sari Teladan Kindergarten found that children aged 5-6 years had not yet demonstrated optimal communication skills. The purpose of this study is to determine the effect of using fabel stories on the linguistic intelligence of children aged 5-6 years. This research used a pre-experimental design with a one-group pre-test and post-test approach. The research sample consisted of 22 children aged 5-6 years, selected using random sampling. Data collection techniques in this study used observation. Hypothesis testing analysis used the Wilcoxon test. The results showed that before treatment, 5% (1 child) were in the "undeveloped" category for linguistic intelligence and 59% (13 children) were in the "beginning to develop" category. After treatment, 9% (2 children) were in the "developing as expected" category and 82% (18 children) were in the "very well developed" category. After analysis using the Wilcoxon test, there was a significant effect on the linguistic intelligence of children aged 5-6 years with an (Asymp. sig) value of 0.00 < 0.05, meaning the hypothesis was accepted and fable stories had an influence on the linguistic intelligence of children aged 5-6 years at Sari Teladan Kindergarten. Keywords: Early childhood, fable stories, linguistic intelligence
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Anak Usia Dini PG-PAUD |
| Pengguna Deposit: | UPT . Desi Zulfi Melasari |
| Date Deposited: | 27 Oct 2025 08:02 |
| Terakhir diubah: | 27 Oct 2025 08:02 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92092 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
