PENGARUH PENGGUNAAN LKPD BERBASIS MODEL GUIDED INQUIRY TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII SMP N 2 Merbau Mataram Semester Genap 2024/2025)

Sabila , Rahmawati (2025) PENGARUH PENGGUNAAN LKPD BERBASIS MODEL GUIDED INQUIRY TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII SMP N 2 Merbau Mataram Semester Genap 2024/2025). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Sabila Rahmawati.pdf

Download (212Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL_tanpa lampiran - Sabila Rahmawati.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2505Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI _tanpa pembahasan - Sabila Rahmawati.pdf

Download (2456Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan LKPD berbasis Guided Inquiry terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini melibatkan seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Merbau Mataram semester genap tahun pelajaran 2024/2025 sebanyak 250 siswa yang terdistribusi dalam delapan kelas yaitu VII A hingga VII H. Teknik sampel yang dipilih menggunakan cluster random sampling, diperoleh kelas VII-B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-H sebagai kelas kontrol. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian posttest-pretest control group design. Data penelitian berupa data kuantitatif yang diperoleh melalui tes pemahaman konsep matematis siswa. Pengujian hipotesis menggunakan uji non parametrik mann- whitney. Hasil analisis data menunjukkan bahwa median peningkatan pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan LKPD berbasis model guided inquiry lebih tinggi daripada median peningkatan pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa LKPD. Dengan demikian LKPD berbasis guided inquiry berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Kata kunci: guided inquiry, LKPD, pemahaman konsep matematis, pengaruh This study aims to determine the effect of the use of LKPD based on Guided Inquiry on students' understanding of mathematical concepts. The population in this study involves all students in grade VII of SMP Negeri 2 Merbau Mataram in the even semester of the 2024/2025 school year which totals 250 students and is distributed in eight classes, namely VII A to VII H. The sample technique selected using cluster random sampling was obtained from class VII-B as an experimental class and class VII-H as a control class. This type of research is a quas experiment with a posttest- pretest control group design. Research data is in the form of quantitative data obtained through students' mathematical concept understanding tests. Hypothesis testing using the mann-whitney nonparametric test. The results of the data analysis showed that the median improvement in the understanding of mathematical concepts of students who participated in learning with LKPD based on the guided inquiry model was higher than the median improvement in mathematical concept understanding of students who participated in learning without LKPD. Thus, LKPD based on guided inquiry affects students' understanding of mathematical concepts. Keywords: guided inquiry, LKPD, understanding of mathematical concepts, influence

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: UPT . Siswanti
Date Deposited: 27 Oct 2025 08:29
Terakhir diubah: 27 Oct 2025 08:29
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92098

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir