NABILA , MARDIYAH KALSUM (2025) ANALISIS KEMAMPUAN KONTROL DIRI MAHASISWA JURUSAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS LAMPUNG DALAM MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK NABILA - Nabila mardiyah kalsum.PDF Download (147Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Skripsi Nabila Mardiyah Kalsum(2) - Nabila mardiyah kalsum.PDF Restricted to Hanya staf Download (1458Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
Skripsi_Tanpa Lampiran dan pembahasan - Nabila mardiyah kalsum.PDF Download (1250Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan kontrol diri mahasiswa Jurusan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung dalam menggunakan media sosial. Masalah yang ada pada penelitian ini adalah masih adanya mahasiswa yang memberikan komentar negatif di media sosial, serta mudah terpengaruh oleh berita negatif yang ada di media sosial. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian terdiri dari empat mahasiswa yang masih aktif pada Jurusan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung angkatan 2020, 2021, 2022, dan 2023 yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara terstruktur, kemudian data dianalisis menggunakan aplikasi software ATLAS.ti 8 Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki kemampuan kontrol diri dalam menggunakan media sosial yang terdapat pada beberapa aspek yaitu berfikir positif, kontrol kognitif, pengambilan keputusan, manajemen waktu, skala prioritas, dan intensitas penggunaan media sosial. Selain itu ditemukan tiga kode baru yang relevan dalam konteks kontrol diri digital yaitu self presentation, self-preservation, dan supportive interaction behavior (dukungan sosial). Kata kunci: kontrol diri, media sosial, kontrol perilaku, kontrol kognitif, dan kontrol pengendali keputusan. This study aim to examine the self-control ability of stdents in the Faculty of Education at the University of Lampung in their socil media. The problem identified in this research is that some students still post negative comments on social media and are easily influenced by negative news found on these platforms. This study employs a qualitative method with a case study approach. The research subjects consist of four active students from the Faculty of Education, enrolled in the academic years 2020, 2021, 2022, and 2023, selected using purposive sampling. Data were collected through structured interviews and analyzed using ATLAS.ti 8 for Windows. The result show that students demonstrate self-control in their use of social media, reflected in several aspects: positive thingking, cognitive control, decision-making, time management, priority setting, and intensity of social media usage. In addition, three new relevant codes were identified in the context of digital self-control: self-presentation, self-preservation, and supportive interaction behavior (social support). Keywords: self-control, social media, behavior control, cognitive control, and decision control.
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 379 Masalah kebijakan publik dalam pendidikan; peraturan-peraturan pendidikan |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Bimbingan dan Konseling |
| Pengguna Deposit: | UPT . Desi Zulfi Melasari |
| Date Deposited: | 27 Oct 2025 08:30 |
| Terakhir diubah: | 27 Oct 2025 08:30 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92099 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
