Desi Okta Sari , - (2025) TINGKAT KEMANDIRIAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AISYIYAH 1 LABUHAN RATU BANDARLAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT - DESI OKTA SARI.pdf Download (168Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2. SKRIPSI FULL - DESI OKTA SARI.pdf Restricted to Hanya staf Download (2107Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - DESI OKTA SARI.pdf Download (1911Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Kemandirian adalah kemampuan seseorang melepaskan ketergantungan terhadap orang lain dalam melakukan tugas sehari-hari sendiri sesuai dengan tahapan perkembangannya. Sejak anak berusia dini, mereka harus dilatih untuk mengenal tentang pribadi mereka dan cara menumbuhkan rasa percaya diri dalam diri mereka. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Adapun subyek dari penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun yang berjumlah 28 anak dari TK Aisiyah Labuhan Ratu Bandar Lampung. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar observasi kemandirian anak. Analisis data yang digunakan yaitu analisis persentase. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kemandirian pada anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah 1 Labuhan Ratu Bandar Lampung berada pada kategori berkembang sesuai harapan yaitu berjumlah 20 anak (71,43%), indikator kepercayaan pada diri sendiri berada pada kategori berkembang sangat baik berjumlah 27 anak (96,43%). Indikator bertanggung jawab berada pada kategori berkembang sesuai harapan berjumlah 17 anak (60,71%), indikator tidak bergantung pada orang lain berada pada kategori berkembang sangat baik berjumlah 21 anak (75%), dan indikator mampu mengambil keputusan berada pada kategori berkembang sesuai harapan berjumlah 13 anak (46,43%). Kata Kunci: Tingkat kemandirian, anak usia 5-6 tahun Independence is a person's ability to let go of dependence on other people in carrying out their own daily tasks according to their stage of development. From an early age, they must be trained to know their own personality and how to grow self- confidence within themselves. This research uses quantitative descriptive methods. The subjects of this research were 28 children aged 5-6 years from Aisiyah Labuhan Ratu Kindergarten, Bandar Lampung. The data collection tool used was the child's independence observation sheet. The data analysis used is percentage analysis. The results of the research show that, it showed that the level of independence in children aged 5-6 years at TK Aisyiyah 1 Labuhan Ratu Bandar Lampung was in the category of developing according to expectations, amounting to 20 children (71.43%), the indicator of self-confidence was in the category of developing very well, amounting to 27 children (96.43%). The responsible indicator is in the category of developing according to expectations, totaling 17 children (60.71%), the indicator of not depending on others is in the category of developing very well, totaling 21 children (75%), and the indicator of being able to make decisions is in the category of developing according to expectations, totaling 13 children (46.43%). Keywords: Level of independence, children aged 5-6 years
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) |
| Pengguna Deposit: | UPT . Ery Elyasari |
| Date Deposited: | 27 Oct 2025 09:12 |
| Terakhir diubah: | 27 Oct 2025 09:12 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92104 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
