Riana Rindriyani , - (2025) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENYELESAIAN STUDI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PPKn) DI UNIVERSITAS LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
Abstrak dan Abstract_Riana Rindriyani.pdf Download (220Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Skripsi Full Tanpa Lampiran_Riana Rindriyani.pdf Restricted to Hanya staf Download (5Mb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
Skirpsi Tanpa Pembahasan dan Lampiran_Riana Rindriyani.pdf Download (3221Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor-faktor internal dan eksternal yang memengaruhi penyelesaian studi mahasiswa Program Studi PPKn angkatan 2020 dan 2021 di Universitas Lampung. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa angket skala Likert yang disebarkan kepada 61 responden yang terdiri dari mahasiswa yang telah lulus dan yang masih aktif menyusun skripsi. Teknik analisis data dilakukan melalui distribusi frekuensi, persentase, dan perhitungan rata-rata (mean) untuk mengidentifikasi faktor dominan secara umum maupun berdasarkan kategori mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari delapan subindikator, tiga faktor dengan frekuensi kategori “sering” tertinggi adalah lingkungan sosial (90,16%), motivasi belajar (86,89%), dan dosen pembimbing (85,25%). Di sisi lain, manajemen waktu menempati posisi terendah dengan hanya 40,98% responden yang menyatakan sering mengelola waktu secara efektif. Perbandingan rata-rata antara kategori mahasiswa menunjukkan bahwa mahasiswa yang telah lulus memiliki nilai rata-rata manajemen waktu sebesar 7,24, sedangkan mahasiswa yang belum lulus memiliki rata-rata sebesar 6,89. Hal ini menandakan pentingnya keterampilan manajemen waktu dalam kelulusan tepat waktu. Kata Kunci: penyelesaian studi, faktor internal, faktor eksternal, mahasiswa Program Studi PPKn This study aims to describe the internal and external factors that influence the study completion of students in the Civic Education Program (PPKn) from the 2020 and 2021 cohorts at the University of Lampung. The research employed a descriptive quantitative approach, using a Likert-scale questionnaire distributed to 61 respondents, consisting of students who had completed their studies and those still working on their thesis. Data analysis techniques included frequency distribution, percentages, and mean calculations to identify dominant factors both generally and based on student categories. The results indicate that among the eight sub�indicators, the three factors with the highest frequency in the “often” category were social environment (90.16%), learning motivation (86.89%), and academic supervision (85.25%). Conversely, time management ranked the lowest, with only 40.98% of respondents reporting that they often managed their time effectively. The comparison of mean scores between student categories showed that graduates had a higher average time management score (7.24) than students who had not yet graduated (6.89) , highkighting the importance of time-management skills in timely study completion. Keywords: study completion, internal factors, external factors, civic students
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) |
| Pengguna Deposit: | UPT . Ery Elyasari |
| Date Deposited: | 27 Oct 2025 09:20 |
| Terakhir diubah: | 27 Oct 2025 09:20 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92105 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
