STRATEGI PENGELOLAAN KEUANGAN PRIBADI DALAM MENGENDALIKAN PERILAKU KONSUMTIF DI E-COMMERCE PADA REMAJA GENERASI Z (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Lampung)

Refina , Sari (2025) STRATEGI PENGELOLAAN KEUANGAN PRIBADI DALAM MENGENDALIKAN PERILAKU KONSUMTIF DI E-COMMERCE PADA REMAJA GENERASI Z (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Lampung). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK SKRIPSI REFINA SARI - Refina Sari.pdf

Download (174Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL_REFINA SARI - Refina Sari.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3184Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN_REFINA SARI - Refina Sari.pdf

Download (2586Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengelolaan keuangan pribadi dalam mengendalikan perilaku konsumtif di e-commerce pada remaja generasi Z serta kendala yang dihadapi dalam penerapannya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penentuan informan dilakukan dengan teknik purposive dengan menentukan kriteria khusus pada informan agar sesuai dengan apa yang dibutuhkan dalam penelitian. Penelitian ini menggunakan teori pilihan rasional oleh James S. Colamen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi pengelolaan keuangan yang diterapkan oleh remaja generasi Z untuk mengendalikan perilaku konsumtif yakni terdapat beberapa strategi. Pertama, meningkatkan literasi keuangan dengan menonton konten edukasi di sosial media, membaca buku, bahkan mengikuti kegiatan seperti seminar tentang keuangan. Strategi yang kedua yakni menyusun anggaran keuangan secara sistematis dan memonitoring pengeluaran dengan memanfaatkan aplikasi digital. Ketiga, menerapkan self control untuk mengurangi pembelian yang berlebih seperti menunda pembelian dan membatasi akses pada platform e-commerce. Sedangkan kendala yang dihadapi dalam penerapan strategi tersebut yakni pertama adanya godaan promo dan diskon yang menimbulkan godaan dan memicu belanja impulsif. Kedua, kebutuhan tidak terduga yang muncul diluar rencana keuangan menyebabkan anggaran keuangan menjadi berantakan. Ketiga, adanya tekanan sosial yang muncul dari berbagai sumber, seperti tren, teman sebaya, media sosial, influencer, maupun lingkungan sekitar yang mendorong informan untuk melakukan pembelian diluar rencana. Kata Kunci: Strategi Pengelolaan Keuangan, E-commerce, Perilaku Konsumtif, Generasi Z This study seeks to examine the strategies employed in personal financial management to mitigate consumptive behavior in e-commerce among Generation Z adolescents, along with the challenges encountered in their implementation. Utilizing a qualitative research approach, data were collected through observation, in-depth interviews, and documentation. Informants were selected purposively based on predetermined criteria to ensure relevance to the research objectives. The theoretical framework is grounded in James S. Coleman's Rational Choice Theory. The findings indicate that Generation Z adolescents adopt several strategic approaches to manage their finances and curb excessive consumption. First, enhancing financial literacy through engagement with educational content on social media platforms, reading financial literature, and participating in seminars or workshops on financial management. Second, formulating systematic budgeting plans and monitoring expenditures using digital financial applications. Finally, the third strategy involves practicing self-regulation to avoid unnecessary purchases, such as delaying gratification and restricting access to e-commerce platforms. Nonetheless, the implementation of these strategies is often hindered by several obstacles. Chief among them are the allure of promotional offers and discounts, which tend to provoke impulsive buying behavior; unforeseen financial needs that disrupt established budgeting plans; and social pressures stemming from trends, peer influence, social media, influencers, and the broader socio-cultural environment, which collectively encourage unplanned spending. Keywords: Financial Management Strategy, E-commerce, Consumptive Behavior, Generation Z

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 301 Sosiologi dan antropologi
Program Studi: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK (FISIP) > Prodi S1-Sosiologi
Pengguna Deposit: UPT . Siswanti
Date Deposited: 28 Oct 2025 02:20
Terakhir diubah: 28 Oct 2025 02:20
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92119

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir