ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA PESERTA DIDIK KELAS RENDAH SEKOLAH DASAR

M. ALFAROBI , RAHMAT DILLAH (2025) ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA PESERTA DIDIK KELAS RENDAH SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT - M. ALFAROBI RAHMAT DILLAH.pdf

Download (283Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL - M. ALFAROBI RAHMAT DILLAH.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1882Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN -M. ALFAROBI RAHMAT DILLAH.pdf

Download (1513Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Kemampuan membaca siswa kelas rendah SD masih menjadi kendala akibat pengaruh lingkungan, kepercayaan diri, dan metode pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan kondisi kemampuan membaca peserta didik kelas rendah SD Negeri 7 Metro Barat. (2) Faktor kesulitan membaca yang dialami peserta didik kelas rendah SD Negeri 7 Metro Barat, (3) Upaya pendidik dalam mengatasi kesulitan membaca pada peserta didik kelas rendah SD Negeri 7 Metro Barat. Jenis penelitian kualitatif ini menggunakan metode studi kasus. Sumber data penelitian adalah kepala sekolah, pendidik, dan orang tua. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kemampuan membaca siswa kelas rendah sangat penting dalam pembelajaran awal di sekolah dasar. Namun, hasil penelitian menunjukkan masih ada siswa yang kesulitan mengenali huruf, mengeja, dan memahami bacaan sederhana. Ini menandakan keterampilan dasar membaca belum dikuasai semua siswa, sehingga perlu strategi pembelajaran yang lebih tepat, (2) berbagai faktor yang menyebabkan peserta didik kelas rendah mengalami kesulitan dalam membaca, baik dari segi kemampuan individu, lingkungan keluarga, maupun metode pembelajaran yang digunakan., (3) Upaya yang dilakukan oleh pendidik dalam mengatasi kesulitan membaca yang dialami peserta didik kelas rendah. Upaya tersebut meliputi penerapan strategi pembelajaran yang sesuai dengan tingkat perkembangan siswa, pemberian pendampingan secara individual maupun kelompok kecil, serta menjalin kerja sama dengan orang tua untuk mendukung proses belajar membaca di rumah. Kata kunci: kemampuan membaca, peserta didik, sekolah dasar The reading ability of lower-grade elementary school students was still a challenge due to environmental influences, self-confidence, and teaching methods. This research aimed to (1) Describing the reading ability conditions of lower-grade students at SD Negeri 7 Metro Barat, (2) Factors causing reading difficulties experienced by lower-grade students at SD Negeri 7 Metro Barat, (3) Educators' efforts in overcoming reading difficulties among lower-grade students at SD Negeri 7 Metro Barat. This qualitative research uses a case study method. The research data sources were the school principal, educators, and parents. Data collection techniques were carried out through observation, interviews, and document studies. The research results showed that (1) the reading ability of lower-grade students is very important in early learning at elementary school. However, the research results indicated that there were still students who struggle to recognize letters, spell, and understand simple reading. This indicated that basic reading skills have not been mastered by all students, thus requiring more appropriate teaching strategies, (2) Various factors caused lower-grade students to experience difficulties in reading, whether from individual abilities, family environment, or the teaching methods used, (3) Efforts made by educators to address the reading difficulties experienced by lower-grade students. These efforts included the implementation of teaching strategies that are appropriate for the students' developmental levels, providing individual or small group tutoring, and collaborating with parents to support the reading learning process at home. Keywords: reading ability, students, elementary school

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Siswanti
Date Deposited: 28 Oct 2025 02:27
Terakhir diubah: 28 Oct 2025 02:27
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92121

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir