PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA

AMANDA , RAMADHONA (2025) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT - Amanda Ramadhona.pdf

Download (245Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL - Amanda Ramadhona.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1271Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Amanda Ramadhona.pdf

Download (851Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-LKPD berbasis PBL yang valid dan praktis untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah fisika pada materi pemanasan global. Jenis penelitian ini adalah pengembangan dengan model penelitian Research and Development (R&D) kategori penelitian pengembangan produk yang diadaptasi dari Thiaragajan (1974) yang terdiri dari 4 tahapan tahapan model pengembangan 4D, yaitu define (pendefinisian), design (desain), development (pengembangan), dan disseminate (penyebarluasan). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik non tes dan teknik tes dengan penilaian terhadap uji validitas yang dilakukan oleh 2 dosen ahli dan 1 guru fisika SMA untuk menilai aspek isi dan konstruk produk E-LKPD, uji kepraktisan yang terdiri dari uji keterlaksanaan E-LKPD, uji persepsi guru, dan uji respon peserta didik. Data dianalisis menggunakan metode campuran (mixed method), yaitu metode kualitatif dan kuantitatif. Pada hasil uji validitas didapatkan rerata nilai dari ketiga validator sebesar 4,17, dengan rerata validasi isi diperoleh hasil sebesar 4,30 dan validasi konstruk sebesar 4,32. Hasil uji kepraktisan diperoleh skor rerata untuk uji keterlaksanaan E-LKPD sebesar 86%, uji respon peserta didik sebesar 77%, sedangkan untuk uji persepsi guru sebesar 97,5%. Sehingga rerata skor untuk kepraktisan tersebut sebesar 87% dengan kategori sangat praktis. Oleh karena itu, telah dihasilkan E-LKPD berbasis PBL untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah fisika pada materi pemanasan global yang valid dan praktis sehingga dapat digunakan sebagai multimedia guna menunjang pembelajaran. Kata kunci: E-LKPD, Kemampuan Pemecahan Masalah, PBL This study aims to develop a valid and practical of PBL E-LKPD to improving physics problem solving skills on global warming material. This type of research is development with a Research and Development (R &D research model in the product development research category adapted from Thiaragajan (1974) which consists of 4 stages of the 4D development model, namely define, design, development, and disseminate. Data collection techniques in this study were carried out with non-test techniques and test techniques with an assessment of the validity test conducted by 2 expert lecturers and 1 high school physics teacher to assess the content and construct aspects of E-LKPD products, practicality test consisting of E-LKPD implementation test, teacher perception test, and student response test. Data were analyzed using mixed method, qualitative and quantitative methods. In the validity test results, the average score of the three validator was 4,17, with the average content validation obtained results of 4,30 and construct of 4,32. The results of the practicality test obtained an average score for the E-LKPD implementation test of 86%, the learner response test of 77%, while for te teacher perception test of 97,5%. So that te average score for practicality is 87% with a very practical category. Therefore, PBL based E-LKPD has been produced to improve physics problem solving skills on global warming material which is valid and practical so that it can be used as multimedia to support learning. Keywords: E-LKPD, Problem Solving Skills, PBL

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 28 Oct 2025 02:28
Terakhir diubah: 28 Oct 2025 02:28
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92122

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir