PENGARUH MODEL PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN POWTOON TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI

DWI , PEBRIAN (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN POWTOON TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT - DWI PEBRIAN.pdf

Download (26Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL - DWI PEBRIAN.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1532Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - DWI PEBRIAN.pdf

Download (1259Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar kelas V SD Negeri 4 Way Serdang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan Powtoon terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia.Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini, dengan sampel sebanyak 44 Peserta Didik yang terdiri dari 22 peserta didik kelas eksperimen dan 22 peserta didik kelas kontrol. Sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling. Data dianalisis dengan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media Powtoon terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia. Kata Kunci: hasil belajar, powtoon, problem based learning This study addressed the issue of low learning outcomes among fifth grade students at SD Negeri 4 Way Serdang. The study aimed to determine the effect of the Problem Based Learning (PBL) model, assisted by Powtoon, on Indonesian language learning outcomes. Data were collected using tests and non-tests. The research method used was a quasi-experiment with a nonequivalent control group design. The population of this study consisted of 44 students, 22 of whom were in the experimental class and 22 of whom were in the control class. The sample was determined using a purposive sampling technique. The data were analyzed using a simple linear regression test. The results showed a significant effect of the PBL model with Powtoon on Indonesian language learning outcomes. Keywords: learning outcomes, powtoon, problem based learning

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 28 Oct 2025 02:33
Terakhir diubah: 28 Oct 2025 02:33
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92125

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir