IMPLEMENTASI INSTRUMEN TES HOTS DALAM MEMETAKAN LITERASI SAINS DAN LITERASI NUMERASI SISWA SMA

NOVI , EMILIA PUTRI (2025) IMPLEMENTASI INSTRUMEN TES HOTS DALAM MEMETAKAN LITERASI SAINS DAN LITERASI NUMERASI SISWA SMA. FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - NOVI EMILIA PUTRI.pdf

Download (226Kb) | Preview
[img] File PDF
FILE FULL - NOVI EMILIA PUTRI.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1981Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
FILE TANPA BAB PEMBAHASAN - NOVI EMILIA PUTRI.pdf

Download (1307Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi instrumen tes HOTS dalam memetakan kemampuan literasi sains dan literasi numerasi siswa SMA di Kabupaten Lampung Tengah. Sampel yang digunakan yaitu siswa XI.2 SMA Negeri daerah pedesaan, XI.3 SMA Negeri pinggiran kota dan XI.5 SMA Negeri Perkotaan. Desain Penelitian yang digunakan yaitu desain penelitian deskriptif kuantitatif. Data dikumpulkan menggunakan lembar jawaban instrumen tes HOTS untuk mengetahui kemampuan literasi sains dan literasi numerasi siswa. Analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil analisis menunjukkan bahwa diantara ketiga sekolah, siswa SMA Negeri pinggiran kota yang berada diantara perkotaan dan pedesaan memiliki rata-rata nilai tertinggi dengan kemampuan literasi sains sebesar 60.42 dan literasi numerasi sebesar 67.35 diantara dua sekolah lainnya, yaitu SMA Negeri perkotaan dan SMA Negeri daerah pedesaan. Kata Kunci: Instrumen Tes HOTS, Literasi Sains, Literasi Numerasi The purpose of this study was to determine the implementation of HOTS test instruments in mapping the science literacy and numeracy literacy skills of high school students in Central Lampung Regency. The samples used were students of XI.2 State High School rural area, XI.3 State High School central area and XI.5 State High School district center. The research design used was descriptive quantitative research design. Data were collected using HOTS test instrument answer sheets to determine students' science literacy and numeracy literacy skills. Data analysis used descriptive statistics. The results of the analysis showed that among the three schools, students of State High School central area located in between the district center and rural area had the highest average score with science literacy of 60.42 and numeracy literacy of 67.35 among the other two schools, namely State High School district center and State High School rural area. Keywords: HOTS Test Instrument, Science Literacy, Numeracy Literacy

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika
Program Studi: FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (FMIPA) > Prodi S1 Fisika
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 28 Oct 2025 02:55
Terakhir diubah: 28 Oct 2025 02:55
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92138

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir