Alda , Faradila (2025) PENGARUH LATIHAN PASSING BAWAH KE DINDING DAN BERPASANGAN TERHADAP KEMAMPUAN PASSING BAWAH BOLA VOLI PADA MAHASISWA PENDIDIKAN JASMANI ANGKATAN 2024. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK - Alda Faradila.pdf Download (226Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA LAMPIRAN -Alda Faradila.pdf Restricted to Hanya staf Download (3645Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA PEMBAHASAN - Alda Faradila (1).pdf Download (3636Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan passing bawah ke dinding dan passing bawah berpasangan terhadap kemampuan passing bawah bola voli pada mahasiswa Pendidikan Jasmani Universitas Lampung angkatan 2024. Penelitian menggunakan metode eksperimen dengan tiga kelompok: eksperimen I (latihan passing bawah ke dinding), eksperimen II (latihan passing bawah berpasangan), dan kelompok kontrol (tanpa latihan khusus). Program latihan diberikan sebanyak 16 kali pertemuan. Hasil pre test menunjukkan kemampuan awal yang seimbang di ketiga kelompok. Setelah perlakuan, kelompok eksperimen I meningkat dari rata-rata 31,475 menjadi 49,410, dan kelompok eksperimen II dari 32,692 menjadi 51,821. Kelompok kontrol hanya mengalami peningkatan kecil dari 26,564 menjadi 26,897. Latihan passing bawah ke dinding dan berpasangan terbukti efektif meningkatkan kemampuan passing bawah mahasiswa ketika dilakukan secara terstruktur dan konsisten. Kata kunci: passing bawah, latihan ke dinding, latihan berpasangan, bola voli. This study aims to determine the effect of wall-passing and paired-passing drills on underhand passing skills in volleyball among Physical Education students of the University of Lampung, class of 2024. The research used an experimental method involving three groups: experimental group I (wall-passing drills), experimental group II (paired-passing drills), and a control group (no specific training). The training program was conducted over 16 sessions. Pre-test results showed that all three groups had balanced initial abilities. After the intervention, the average score of experimental group I increased from 31.475 to 49,410, while experimental group II increased from 32.692 to 51.821. The control group showed only a slight improvement from 26.564 to 26.897. Wall-passing and paired-passing drills proved effective in improving students’ underhand passing skills when implemented in a structured and consistent manner. Keywords: underhand passing, wall-passing training, paired-passing training, volleyball.
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (PENJASKES) |
| Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
| Date Deposited: | 28 Oct 2025 03:58 |
| Terakhir diubah: | 28 Oct 2025 03:58 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92164 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
