NI NENGAH , MEGA DWIYANTI (2025) MANAJEMEN KURIKULUM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK - NI NENGAH MEGA DWIYANTI.pdf Download (100Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2. SKRIPSI FULL - NI NENGAH MEGA DWIYANTI.pdf Restricted to Hanya staf Download (1788Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN (6) - NI NENGAH MEGA DWIYANTI.pdf Download (937Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 8 Metro Timur dengan tujuan untuk mendiskripsikan manajemen kurikulum pembelajaran di sekolah dasar, dengan sub-Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 8 Metro Timur dengan tujuan untuk fokus penelitian (1) perencanaan kurikulum pembelajaran (2) pengorganisasian kurikulum pembelajaran (3) pelaksanaan kurikulum pembelajaran (4) kontrol kurikulum pembelajaran. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara observasi, dan studi dokumentasi. Informan kunci yaitu kepala sekolah dan informan pendukung yaitu pendidik, peserta didik dan komite sekolah. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis model Miles dan Hubermen yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan (1) Perencanaan yang dilakukan dengan menganalisis kondosi ideal sekolah yaitu kekuatan, kelemahan, ancaman dan peluang dan menganalisis konteks karakteristik satuan Pendidikan, peserta didik dan tenaga kekependidikan. (2) Pengorganisasian kurikulum yang dilakukan membuat kerangka umum pemetaan mata pelajaran, analisis CP, profil pelajar pancasila, menyusun program sekolah, melakukan pemetaan alokasi waktu. (3) Pelaksanaan menjadi sebuah bentuk usaha guna mencapai tujuan yang telah direncanakan. Pelaksanaan pembelajaran mengacu pada Kurikulum Merdeka dan manajemen berbasis sekolah yang pembelajarannya menyesuaikan karakteristik, visi misi dan tujuan dari sekolah. (4) Kontrol ini merupakan langkah yang dilaksanakan guna mengetahui hasil dari pencapaian tujuan, serta kendala dan kegiatan yang belum tercapai adakah yang memerlukan perbaikan. Kata kunci: kontrol, pembelajaran, pelaksanaan, pengorganisasian, perencanaan The research was conducted at SD Negeri 8 Metro Timur with the aim of describing the management of the learning curriculum in elementary schools, with sub-focuses on: (1) planning of the learning curriculum, (2) organizing of the learning curriculum, (3) implementation of the learning curriculum, and (4) control of the learning curriculum. This research used a qualitative method with a descriptive approach. Data collection techniques were interviews, observations, and documentation studies. The key informant was the principal, and the supporting informants were teachers, students, and the school committee. Data analysis was carried out using the Miles and Huberman model, namely data collection, data reduction, data display, and conclusion drawing. The results of the research showed that: 1. The planning was carried out by analyzing the school’s ideal condition, namely strengths, weaknesses, threats, and opportunities, and by analyzing the context of the characteristics of the education unit, students, and educational staff. 2. The curriculum organization was carried out by creating a general framework for subject mapping, CP analysis, Pancasila student profile, drafting school programs, and mapping time allocation. 3. The implementation became an effort to achieve the planned objectives. The learning implementation referred to the Merdeka Curriculum and school-based management, with the learning process adjusted to the characteristics, vision, mission, and goals of the school. 4. The control was a step carried out to determine the results of achieving the objectives, as well as the obstacles and activities that had not been achieved and whether improvements were needed. Keywords: control, implementation, learning, organization, planning.
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
| Pengguna Deposit: | UPT . Desi Zulfi Melasari |
| Date Deposited: | 28 Oct 2025 04:02 |
| Terakhir diubah: | 28 Oct 2025 04:02 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92168 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
