PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI HURUF KAPITAL MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SEKOLAH DASAR

RISNA , ESTUNING PUTRI (2025) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI HURUF KAPITAL MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - RISNA ESTUNING PUTRI.pdf

Download (127Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL - RISNA ESTUNING PUTRI .pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3045Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN - RISNA ESTUNING PUTRI.pdf

Download (2264Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Ketaatan peserta didik terhadap aturan, termasuk dalam penggunaan kaidah kebahasaan, merupakan aspek penting dalam menciptakan suasana pembelajaran yang tertib dan kondusif. Namun, peserta didik kelas III Sekolah Dasar masih mengalami kesulitan dalam menerapkan aturan penggunaan huruf kapital secara tepat. Permasalahan ini disebabkan oleh rendahnya pemahaman konseptual dan penggunaan metode pembelajaran yang kurang sesuai dengan karakteristik peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video animasi berbasis model discovery learning yang valid dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Metode yang digunakan adalah research and development dengan model 4D (define, design, develop, dan disseminate). Proses validasi dilakukan oleh ahli materi, bahasa, dan media, yang menunjukkan bahwa media tergolong valid setelah melalui tahap revisi. Hasil uji coba menunjukkan bahwa penggunaan video animasi dapat meningkatkan keterlibatan peserta didik serta pemahaman mereka terhadap materi penggunaan huruf kapital. Berdasarkan hasil tersebut, video animasi berbasis discovery learning dinyatakan layak dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia di kelas III Sekolah Dasar. Kata Kunci : Video Animasi, Discovery Learning, Huruf Kapital, Hasil Belajar Students’ adherence to rules, including the application of language conventions, is a crucial aspect in creating an orderly and conducive learning environment. However, third-grade elementary school students still face difficulties in correctly applying the rules for capital letter usage. This problem is caused by limited conceptual understanding and the use of learning methods that are not aligned with students’ developmental characteristics. This study aims to develop a valid and effective animation video based on the discovery learning model to improve students' learning outcomes in Bahasa Indonesia. The research method used is Research and Development (R&D) with the 4D model, consisting of define, design, develop, and disseminate stages. Validation was conducted by content, language, and media experts, showing that the product was valid after revisions. The trial results demonstrated that the use of animation videos increased student engagement and understanding of capital letter usage. Based on these findings, the animation video based on the discovery learning model is considered appropriate and effective for use as a learning medium to enhance Bahasa Indonesia learning outcomes for third-grade elementary school students. Keywords: Animated Videos, Discovery Learning, Capital Letters, Learning Outcomes

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S2 Magister Keguruan Guru SD (KGSD)
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 28 Oct 2025 04:06
Terakhir diubah: 28 Oct 2025 04:06
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92169

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir