RAFITRI , PRHATINI (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM-BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPAS DI SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT - Rafitri Prihatini.pdf Download (108Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2. SKRIPSI FULL - Rafitri Prihatini.pdf Restricted to Hanya staf Download (1035Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN (1) - Rafitri Prihatini.pdf Download (913Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPAS peserta didik kelas V di SD Negeri 1 Sendang Asih dikarenakan pembelajaran masih berpusat pada pendidik (teacher centered) dan belum optimal dalam menggunakan model pembelajaran sehingga peserta didik cenderung pasif selama proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model problem based kearning terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif berupa quasi ekspetimen, dengan desain penelitian non equivalent control group. Sampel pada penelitian ini berjumlah 33 peserta didik. Penentuan sampel menggunakan teknik non probability sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPAS di kelas V sekolah dasar. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji regresi linear sederhana yang menunjukkan nilai R Square sebesar 74,2% dan nilai t-hitung > t-tabel yaitu 6,347 > 1,695. Kata Kunci: model problem based learning, hasil belajar, IPAS The problem in this study was the low learning outcomes of IPAS class V students at SD Negeri 1 Sendang Asih because learning was still centered on educators (teacher-centered) and was not optimal in using learning models, so students tended to be passive during the learning process. The purpose of this study was to determine the effect of the problem-based learning model on student learning outcomes in IPAS learning in elementary schools. This research used quantitative methods in the form of a quasi-experiment, with a research design of a non-equivalent control group. The sample in this study amounted to 33 students. The determination of the sample used a non-probability sampling technique. Data collection techniques used test and non-test techniques. The data analysis technique used a simple linear regression test. The result of this study was that there was an effect of the problem-based learning model on students' learning outcomes in IPAS learning in grade V elementary school. This was evidenced by the results of the simple linear regression test, which showed the R Square value of 74.2% and the t-count > t-table value, namely 6.347 > 1.695. Keywords: problem based learning model, learning outcomes, IPAS
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
| Pengguna Deposit: | UPT . Desi Zulfi Melasari |
| Date Deposited: | 28 Oct 2025 04:23 |
| Terakhir diubah: | 28 Oct 2025 04:23 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92177 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
