PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS SISWA (Studi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Ajaran 2024/2025)

FADHEL AHMAD MEIZANO, - (2025) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS SISWA (Studi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Ajaran 2024/2025). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP), UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
Skripsi_Fadhel_Abstrak - Fadhel Ahmad Meizano.pdf

Download (269Kb) | Preview
[img] File PDF
Skripsi_Fadhel_Tanpa Lampiran_compressed - Fadhel Ahmad Meizano.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2196Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
Skripsi_Fadhel_Tanpa Pembahasan dan Lampiran - Fadhel Ahmad Meizano.pdf

Download (2157Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan berpikir reflektif matematis siswa. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Bandar Lampung semester genap tahun ajaran 2024/2025 sebanyak 310 siswa yang terdistribusi dalam 10 kelas. Melalui teknik cluster random sampling terpilih kelas VIII-C dan kelas VIII-D sebagai sampel penelitian. Desain penelitian yang digunakan adalah randomized pretest-posttest control group design. Data yang dianalisis dalam penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh melalui tes kemampuan berpikir reflektif matematis siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata peningkatan kemampuan berpikir reflektif matematis siswa yang mengikuti model discovery learning lebih tinggi daripada rata-rata peningkatan kemampuan berpikir reflektif matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Dengan demikian, model discovery learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir reflektif matematis siswa. Kata kunci: berpikir reflektif matematis, discovery learning, pengaruh This study aims to determine the effect of the discovery learning model on students' mathematical reflective thinking skills. The population in this study is all grade VIII students of SMP Negeri 9 Bandar Lampung in the even semester of the 2024/2025 school year as many as 310 students distributed in 10 classes. Through the cluster random sampling technique, class VIII-C and class VIII-D were selected as research samples. The research design used was a randomized pretest-posttest control group design. The data analyzed in this study is in the form of quantitative data obtained through the test of students' mathematical reflective thinking skills. The results of the data analysis showed that the average improvement in mathematical reflective thinking skills of students who participated the discovery learning model was higher than the average improvement in mathematical reflective thinking skills of students who participated conventional learning. Thus, the discovery learning model affects students' mathematical reflective thinking skills. Keywords: discovery learning, effect, mathematical reflective thinking

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: UPT . Ery Elyasari
Date Deposited: 28 Oct 2025 06:09
Terakhir diubah: 28 Oct 2025 06:09
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92194

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir