Aisyah, Rahmayanti (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 2 GONDANGREJO. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG .
|
File PDF
Skripsi_Aisyah Rahmayanti_Abstrak - Aisyah Rahma yanti.pdf Download (56Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Skripsi_Aisyah Rahmayanti_full tanpa lampiran - Aisyah Rahma yanti.pdf Restricted to Hanya staf Download (1661Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
Skripsi_Aisyah Rahmayanti_tanpa bab 4 - Aisyah Rahma yanti.pdf Download (1489Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV SD Negeri 2 Gondangrejo dikarenakan penerapan model pembelajaran Problem-Based Learning yang kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh model Problem- Based Learning berbantuan media audiovisual terhadap kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran IPAS. Metode penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment design) dengan desain penelitian yaitu non-equivalent control group design. Populasi penelitian adalah ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SD Negeri 2 Gondangrejo dengan total jumlah 37 peserta didik. Penentuan sampel penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh yaitu teknik penentuan sampel apabila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Sampel pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV A dan IV B sebanyak 37 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan tes berupa pretest posttest, sedangkan untuk non tes berupa lembar observasi, dokumentasi dan wawancara. Pengujian hipotesis menggunakan regresi linear sederhana yang mengatakan bahwa terdapat pengaruh model Problem-Based Learning berbantuan media audiovisual terhadap kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran IPAS peserta didik kelas IV SD Negeri 2 Gondangrejo. Kata kunci: audiovisual, kemampuan berpikir kritis, problem-based learning The problem in this research was the low critical thinking skills of fourth-grade students at SD Negeri 2 Gondangrejo due to the less optimal implementation of the Problem-Based Learning model. This study aimed to describe and analyze the effect of the Problem-Based Learning model assisted by audiovisual media on students' critical thinking skills in IPAS learning. The research method used was a quasi-experimental design with a non-equivalent control group design. The population of this study consisted of all fourth-grade students at SD Negeri 2 Gondangrejo, totaling 37 students. The sampling technique used was saturated sampling, in which all members of the population were used as the sample. The sample in this study included all students from classes IV A and IV B, totaling 37 students. Data collection techniques included tests in the form of pretests and posttests, and non-test techniques such as observation sheets, documentation, and interviews. Hypothesis testing used simple linear regression, which showed that there was an effect of the Problem-Based Learning model assisted by audiovisual media on the critical thinking skills in IPAS learning among fourth-grade students at SD Negeri 2 Gondangrejo. Keyword: audiovisual, critical thinking, problem-based learning
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
| Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
| Date Deposited: | 28 Oct 2025 07:30 |
| Terakhir diubah: | 28 Oct 2025 07:30 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92210 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
