Ghina , Salsabila (2025) PEMAHAMAN MAHASISWA TENTANG KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
Skripsi Abstrak - ghina salsabila.pdf Download (566Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Skripsi Tanpa Lampiran - ghina salsabila.pdf Restricted to Hanya staf Download (3221Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
Skripsi Tanpa Bab 4 Tanpa Lampiran - ghina salsabila.pdf Download (2822Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan pada saat pelaksanaan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP), khususnya terkait pemahaman mahasiswa tentang kompetensi guru, terutama kompetensi pedagogik guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman mahasiswa tentang kompetensi pedagogik guru di Program Studi PPKn FKIP Universitas Lampung. Metode dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa PPKn FKIP Universitas Lampung angkatan 2022. Sampel penelitian ini berjumlah 54 responden dengan teknik pengambilan sampel random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes sebagai teknik pokok dan wawancara sebagai teknik penunjang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman mahasiswa PPKn tentang kompetensi pedagogik guru dengan presentase paham sebesar 77,77%, cukup paham 16,66% dan kurang paham 5,55% dengan indikator variabel yaitu: pemahaman terhadap peserta didik, perancangan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, serta pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan potensi yang dimilikinya. Berdasarkan hal tersebut, pemahaman mahasiswa PPKn tentang kompetensi pedagogik guru dinyatakan paham dengan presentase sebesar 77,77%. Kata Kunci: Pemahaman, Mahasiswa PPKn, Kompetensi Pedagogik Guru This study was motivated by problems during the implementation of the Introduction to School Field (PLP), especially related to student understanding of teacher competence, especially teacher pedagogical competence. The purpose of this study was to determine students' understanding of the pedagogical competence of teachers in the Civics Study Program, FKIP, University of Lampung. The method in this research is descriptive method with quantitative approach. The population of this study were Civics students of FKIP, University of Lampung class of 2022. The sample of this study amounted to 54 respondents with random sampling technique. Data collection techniques using tests as the main technique and interviews as a supporting technique. The results showed that the understanding of Civics students about the pedagogical competence of teachers with a percentage of understanding of 77.77%, 16.66% quite understanding and 5.55% less understanding with variable indicators, namely: understanding of students, designing learning, evaluating learning outcomes, and developing students to actualize their potential. Based on this, Civics students' understanding of the pedagogical competence of teachers is stated to understand with a percentage of 77.77%. Keywords: Understanding, Civics Students, Teacher Pedagogical Competence
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) |
| Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
| Date Deposited: | 28 Oct 2025 07:36 |
| Terakhir diubah: | 28 Oct 2025 07:36 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92213 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
