Afifatul , Azizah (2025) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PEMANFAATAN LIMBAH CAIR HASIL PENGOLAHAN TEPUNG TAPIOKA DAN TEMPE DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK - Afifatul Azizah.pdf Download (160Kb) | Preview |
|
|
File PDF
FULL SKRIPSI (TANPA LAMPIRAN) - Afifatul Azizah.pdf Restricted to Hanya staf Download (5Mb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
FULL SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Afifatul Azizah.pdf Download (1186Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran berbasis proyek pengolahan limbah cair tepung tapioka dan tempe dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Weak Eksperiment dengan desain The One Group Pretest-Postest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMAN 1 Natar. Pengambil- an sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dan kelas XI. 4 dijadikan sebagai sampel penelitian. Teknik analisis data dilakukan dengan uji statistik para- metrik uji t dan perhitungan n-gain. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu soal pretes dan postes yang terdiri dari 6 soal uraian, instrumen asesmen kinerja produk, instrumen asesmen kinerja produk berpikir, instrumen angket res- pon siswa, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian me- nunjukkan bahwa nilai rata-rata postes siswa lebih tinggi daripada nilai rata-rata pretes, dengan n-gain rata-rata siswa yaitu sebesar 0,53 yang berkategori sedang. Rata-rata persentase respon siswa sebesar 85,4% dengan kategori sangat baik dan keterlaksanaan pembelajaran sebesar 81,4% berkategori sangat tinggi. Berdasar- kan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis proyek pengolahan limbah cair tepung tapioka dan tempe efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Kata kunci: keterampilan berpikir kritis, limbah cair tepung tapioka dan tempe, pembelajaran berbasis proyek. This study aims to describe the effectiveness of project-based learning in processing liquid waste of tapioca flour and tempeh in improving students' critical thinking skills. The research method used was Weak Experiment with One Group Pretest-Postest Design. The population in this study were all grade XI students at SMAN 1 Natar. Sampling was done by purposive sampling technique and class XI. 4 class was used as the research sample. Data analysis technique was done by para-metric statistical test of t-test and n-gain calculation. The instruments used in this study are pretest and post-test questions consisting of 6 description questions, product performance assessment instruments, thinking product performance assessment instruments, student response questionnaire instruments, learning implementation observation sheets. The results showed that the average postest score of students was higher than the average pretest score, with an average student n-gain of 0.53 which was categorized as moderate. The average percentage of student responses was 85.4% with a very good category and learning implementation was 81.4% with a very high category. Based on the results of this study, it can be concluded that project-based learning in processing liquid waste of tapioca flour and tempe effective in improving students' critical thinking skills. Keywords: critical thinking skills, liquid waste of tapioca flour and tempe, project-based learning.
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Kimia |
| Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
| Date Deposited: | 28 Oct 2025 08:01 |
| Terakhir diubah: | 28 Oct 2025 08:01 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92223 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
