Rahmat , Fitriansyah (2025) PENGARUH LITERASI FINANSIAL, PRESTASI AKADEMIK, DAN PENGALAMAN ORGANISASI TERHADAP NIAT BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA PENERIMA BEASISWA DI UNIVERSITASLAMPUNG. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
Abstrak - Rahmat Fitriansyah.pdf Download (569Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Skripsi No Lampiran - Rahmat Fitriansyah.pdf Restricted to Hanya staf Download (4Mb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
Skripsi No Bahas - Rahmat Fitriansyah.pdf Download (4Mb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Penelitian ini mengkaji pengaruh literasi keuangan, prestasi akademik, dan pengalaman organisasi terhadap niat berwirausaha pada mahasiswa penerima beasiswa di Universitas Lampung. Seiring meningkatnya ketidakpastian jalur kerja konvensional, pengembangan kewirausahaan menjadi strategi utama dalam pendidikan tinggi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner terstruktur kepada 135 penerima beasiswa, dengan 57 respons valid yang dianalisis. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa literasi keuangan dan pengalaman organisasi berpengaruh signifikan terhadap niat berwirausaha, sedangkan prestasi akademik tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan. Literasi keuangan meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam perencanaan keuangan, pengambilan keputusan investasi, dan manajemen risiko sehingga memperkuat kepercayaan diri untuk berwirausaha. Pengalaman organisasi membentuk keterampilan non-teknisseperti kepemimpinan, jaringan sosial, dan pengambilan keputusan yang penting dalam dunia wirausaha. Studi ini menekankan bahwa keterampilan praktis dan pembelajaran berbasis pengalaman lebih berperan dibandingkan pencapaian akademik dalam mendorong niat berwirausaha. Kata Kunci: Literasi Keuangan, Prestasi Akademik, Pengalaman Organisasi, Niat Berwirausaha ABSTRACT This study investigates the influence of financial literacy, academic achievement, and organizational experience on entrepreneurial intention among scholarship students at the University of Lampung. As traditional employment pathways grow increasingly uncertain, entrepreneurial development has emerged as a key strategy in higher education. A quantitative approach was employed using a structured questionnaire distributed to 135 scholarship recipients, with 57 valid responses analyzed. Multiple linearregression analysis revealed that financial literacy and organizational experience significantly affect entrepreneurial intention, while academic achievement does not show a significant impact. Financial literacy enhances students’ capacity for financial planning, investment decisions, and risk management, thereby strengthening entrepreneurial confidence. Organizational experience contributes to the development of soft skills such as leadership, networking, and decision-making, which are critical for entrepreneurship. The study highlights that practical skills and experiential learning hold greater influence than academic success alone in fostering entrepreneurial intention. Keywords: Financial Literacy, Academic Achievement, Organizational Experience, Entrepreneurial Intention
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial 300 Ilmu sosial > 330 Ekonomi |
| Program Studi: | FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS (FEB) > Prodi S1-Manajemen |
| Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
| Date Deposited: | 28 Oct 2025 13:32 |
| Terakhir diubah: | 28 Oct 2025 13:32 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92237 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
