AMBAR , KAFFATUL BUWWANA (2025) PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN KETERAMPILAN INTERPRETASI REPRESENTASI PADA TOPIK IKATAN KIMIA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
Revisi FILE ABSTRAK - Ambar Kaffatul Buwwana.pdf Download (75Kb) | Preview |
|
|
File PDF
REVISI FILE FULL SKRIPSI - Ambar Kaffatul Buwwana.pdf Restricted to Hanya staf Download (1374Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
REVISI FILE SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN - Ambar Kaffatul Buwwana.pdf Download (1090Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen asesmen keterampilan interpretasi representasi pada topik ikatan kimia, dan mendeskripsikan karakteris- tik, tanggapan guru serta validitas dan reliabilitas terhadap instrumen asemen keterampilan interpretasi representasi pada topik ikatan kimia yang dikembang- kan. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan 4D menurut Thiagarajan sampai pada tahap ketiga dari keempat tahap, yaitu pendefinisian, perancangan, dan pengembangan. Sumber data diperoleh dari 37 siswa kelas XI, tiga guru kimia di SMA Negeri 9 Bandar Lampung, dan tiga validator ahli, kemudian dianalisis menggunakan metode analisis statistik. Karakteristik asesmen yang dikembangkan mengikuti kerangka kerja Three-Dimensional Learning Assessment Protocol (3D-LAP), yaitu Scien- tific Practices, Crosscutting Concepts, dan Disiplinary Core Ideas. Hasil validasi ahli pada aspek kesesuaian isi, aspek konstruksi memiliki kategori sangat tinggi. Hasil tanggapan guru pada aspek kesesuaian isi, aspek konstruksi, dan aspek kepraktisan memiliki kategori sangat tinggi. Hasil uji reliabilitas menunjukkan koefisien Cronbach's Alpha sebesar 0,84 yang termasuk kategori tinggi. Dengan demikian, instrumen yang dikembangkan valid, reliabel, dan layak digunakan untuk mengevaluasi keterampilan interpretasi representasi siswa dalam pem- belajaran kimia di SMA. Kata kunci: 3D-LAP, instrumen asesmen, interpretasi representasi, ikatan kimia, model 4D ABSTRACT This study aims to develop an assessment instrument for representational interpre- tation skills on the topic of chemical bonding, and to describe its characteristics, teacher responses, as well as the validity and reliability of the developed instrument. The research design employed is the 4D development model by Thiagarajan, which was implemented up to the third stage: define, design, and develop. Data were obtained from 37 eleventh-grade students, three chemistry teachers at SMA Negeri 9 Bandar Lampung, and three expert validators, and were analyzed using statistical methods. The characteristics of the developed assess- ment instrument were based on the Three-Dimensional Learning Assessment Protocol (3D-LAP), which includes Scientific Practices, Crosscutting Concepts, and Disciplinary Core Ideas. Expert validation results for content alignment and construction aspects were rated in the very high category. Teacher responses to content alignment, construction, and practicality aspects also fell into the very high category. The reliability test showed a Cronbach’s Alpha coefficient of 0.84, indicating a high level of reliability. Therefore, the developed instrument is valid, reliable, and suitable for evaluating students’ representational interpretation skills in high school chemistry learning. Keywords: 3D-LAP, 4D model, assessment instrument, chemical bonding, representational interpretation
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Kimia |
| Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
| Date Deposited: | 28 Oct 2025 13:40 |
| Terakhir diubah: | 28 Oct 2025 13:40 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92239 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
