PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN KETERAMPILAN MENGGUNAKAN REPRESENTASI PADA TOPIK IKATAN KIMIA

DELA , ANGGRAINI (2025) PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN KETERAMPILAN MENGGUNAKAN REPRESENTASI PADA TOPIK IKATAN KIMIA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
Revisi File ABSTRAK - Dela Anggraini.pdf

Download (202Kb) | Preview
[img] File PDF
Revisi File FULL SKRIPSI (Tanpa Lampiran Isi) - Dela Anggraini.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1570Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
Revisi File FULL SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN (Tanpa Lampiran Isi) - Dela Anggraini.pdf

Download (1570Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Revisi File FULL SKRIPSI (Tanpa Lampiran Isi) - Dela Anggraini.pdf

Download (1570Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen asesmen keterampilan menggunakan representasi pada topik ikatan kimia. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate), namun dibatasi sampai tahap ketiga, yaitu pendefinisian, perancangan, dan pengembangan. Subjek penelitian ini adalah instrumen asesmen keterampilan menggunakan representasi pada topik ikatan kimia. Instrumen asesmen yang dikembangkan mengikuti kerangka kerja 3D-LAP (Three-Dimensional Learning Assessment Pro- tocol), yaitu: Scientific Practies, Crosscutting Concepts, dan Disiplinary Core Ideas. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 13 Bandar Lampung. Pada instru- men asesmen yang dikembangkan, dilakukan uji validasi ahli dan tanggapan guru. Instrumen asesmen yang dikembangkan dinilai dalam tiga aspek, yaitu aspek kes- esuaian isi dengan (kurikulum, indikator keterampilan menggunakan representasi, dan 3D-LAP), aspek konstruksi, dan aspek kepraktisan. Berdasarkan validasi ahli diperoleh hasil yaitu pada aspek kesesuaian isi dengan (kurikulum, indikator ket- erampilan menggunakan representasi, dan 3D-LAP) dan aspek konstruksi berkate- gori sangat tinggi, hal ini menunjukkan bahwa instrumen yang dikembangkan valid. Berdasarkan tanggapan guru diperoleh hasil yaitu aspek kesesuaian isi dengan (kurikulum, indikator keterampilan menggunakan representasi, dan 3D- LAP), aspek konstruksi, dan aspek kepraktisan berkategori sangat tinggi. Ber- dasarkan hal tersebut, maka instrumen asesmen keterampilan menggunakan repre- sentasi pada topik ikatan kimia layak untuk digunakan. Kata kunci: 3D-LAP, instrumen asesmen, ikatan kimia, keterampilan menggunakan representasi, model 4D ABSTRACT This study aims to develop an assessment instrument for skills using representa- tions on the topic of chemical bonds. This study uses a 4D development model (Define, Design, Develop, Disseminate), but is limited to the third stage, namely defining, designing, and developing. The subject of this study is an assessment in- strument for skills using representations on the topic of chemical bonds. The as- sessment instrument developed follows the 3D-LAP (Three-Dimensional Learn- ing Assessment Protocol) framework, namely: Scientific Practices, Crosscutting Concepts, and Disciplinary Core Ideas. This study was conducted at SMA Negeri 13 Bandar Lampung. Expert validation tests and teacher responses were carried out on the developed assessment instrument. The developed assessment instru- ment was assessed in three aspects, namely the aspect of content suitability with (curriculum, indicators of skills using representations, and 3D-LAP), construction aspects, and practicality aspects. Based on expert validation, the results obtained are that the aspects of content suitability with (curriculum, indicators of skills us- ing representation, and 3D-LAP) and construction aspects are categorized as very high, this indicates that the instrument developed is valid. Based on teacher re- sponses, the results obtained are that the aspects of content suitability with (curric- ulum, indicators of skills using representation, and 3D-LAP), construction as- pects, and practicality aspects are categorized as very high. Based on this, the as- sessment instrument for skills using representation on the topic of chemical bonds is feasible to use. Keywords: 3D-LAP, 4D model, assessment instrument, chemical bonding, skills using representations

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 28 Oct 2025 13:49
Terakhir diubah: 28 Oct 2025 13:49
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92240

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir