BUDI , SENTOSA (2025) PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN MEMILIH PERGURUAN TINGGI DENGAN BRAND IMAGE SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (STUDI KASUS PADA AKUN INSTAGRAM @OFFICIALUNILA). FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK - nafa com.pdf Download (4Mb) | Preview |
|
|
File PDF
2. SKRIPSI FULL - nafa com.pdf Restricted to Hanya staf Download (4Mb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN - nafa com.pdf Download (4Mb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya persaingan antar perguruan tinggi, yang mendorong Universitas Lampung untuk mengoptimalkan strategi pemasaran digital melalui media sosial. Universitas Lampung melalui akun instagram @officialunila menghadapi tantangan rendahnya efektivitas promosi Universitas Lampung dalam menarik calon mahasiswa, meskipun keterlibatan media sosialnya menunjukkan pertumbuhan yang signifikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Social Media Marketing terhadap keputusan memilih perguruan tinggi dengan Brand Image sebagai variabel mediasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) yang diolah menggunakan SmartPLS 4.0. Data dikumpulkan dari 390 responden yang merupakan mahasiswa Universitas Lampung angkatan 2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Social Media Marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap Brand Image (path coefficient = 0,708; p-value = 0,000) dan terhadap keputusan memilih (path coefficient = 0,167; p-value = 0,000). Selain itu, Brand Image juga berpengaruh signifikan terhadap keputusan memilih (path coefficient = 0,752; p-value = 0,000), serta terbukti memediasi secara positif dan signifikan pengaruh Social Media Marketing terhadap keputusan memilih dengan kategori Complementary Mediation (Partial Mediation) (path coefficient = 0,532; p-value = 0,000). Temuan ini menunjukkan bahwa Social Media Marketing dan Brand Image memiliki pengaruh yang positif signifikan terhadap pemilihan keputusan, baik secara langsung maupun tidak langsung. Oleh karena itu, Universitas Lampung disarankan terus mengelola akun Instagram @officialunila secara profesional dengan konten yang informatif, menarik, dan sesuai karakter generasi digital guna memperkuat Brand Image dan menarik minat calon mahasiswa. Kata kunci: Social Media Marketing, Brand Image, Keputusan Memilih, SEM- PLS, Universitas Lampung. ABSTRACT This research is motivated by the increasing competition between universities, which encourages Lampung University to optimize digital marketing strategies through social media. Lampung University, through the @officialunila Instagram account, faces the challenge of the low effectiveness of Lampung University promotions in attracting prospective students, even though its social media engagement shows significant growth. The purpose of this study was to determine the effect of Social Media Marketing on the decision to choose a college with Brand Image as a mediating variable. This research uses a quantitative approach with the Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) analysis technique processed using SmartPLS 4.0. Data were collected from 390 respondents who are students of the University of Lampung class of 2024. The results showed that Social Media Marketing has a positive and significant effect on Brand Image (path coefficient = 0.708; p-value = 0.000) and on voting decisions (path coefficient = 0.167; p-value = 0.000). In addition, Brand Image also has a significant effect on voting decisions (path coefficient = 0.752; p-value = 0.000) and is proven to positively and significantly mediate the effect of Social Media Marketing on voting decisions with the complementary mediation (partial mediation) category (path coefficient = 0.532; p-value = 0.000). This finding shows that Social Media Marketing and Brand Image have a significant positive influence on the selection decision, both directly and indirectly. Therefore, Lampung University is advised to continue managing the @officialunila Instagram account professionally with informative, interesting content, and according to the character of the digital generation in order to strengthen Brand Image and attract prospective students. Keywords: Social Media Marketing, Brand Image, Decision on Selection, SEM- PLS, Lampung University.
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial > 330 Ekonomi |
| Program Studi: | FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS (FEB) > Prodi S1-Manajemen |
| Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
| Date Deposited: | 28 Oct 2025 14:05 |
| Terakhir diubah: | 28 Oct 2025 14:05 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92242 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
