PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN KETERAMPILAN MEMAHAMI POTENSI DAN KETERBATASAN REPRESENTASI PADA TOPIK IKATAN KIMIA

Siska , Husnun Afifah (2025) PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN KETERAMPILAN MEMAHAMI POTENSI DAN KETERBATASAN REPRESENTASI PADA TOPIK IKATAN KIMIA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
Revisi File ABSTRAK - 21A_Siska Husnun Afifah.pdf

Download (191Kb) | Preview
[img] File PDF
Revisi FILE FULL SKRIPSI - 21A_Siska Husnun Afifah.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1698Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
Revisi FILE FULL SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - 21A_Siska Husnun Afifah.pdf

Download (1584Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Representasi memiliki peran penting dalam pembelajaran kimia karena sifat konsep-konsep kimia yang abstrak dan tidak dapat diamati secara langsung. Salah satu keterampilan penting yang perlu dikembangkan adalah kemampuan memahami potensi dan keterbatasan representasi, yaitu sejauh mana suatu representasi dapat menjelaskan fenomena kimia dan batas informasi yang disampaikan. Disisi lain, belum tersedia instrumen asesmen yang secara khusus mengukur keterampilan ini. Berangkat dari hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen asesmen yang berfokus pada keterampilan memahami potensi dan keterbatasan representasi pada topik ikatan kimia. Metode pengembangan yang digunakan adalah model 4D yang, meliputi tahap define, design, dan develop. Produk yang dikembangkan berupa 16 butir soal pilihan jamak dua tingkat (two-tier), di mana tier pertama menilai kemampuan siswa dalam memahami potensi dan keterbatasan representasi yang, dan tier kedua menilai alasan ilmiah yang mendasari pilihan tersebut. Instrumen divalidasi oleh tiga orang ahli dan diuji coba secara terbatas untuk memperoleh tanggapan dari guru. Instrumen asesmen yang dikembangkan terbukti valid dan reliabel dari uji analisis butir soal, uji validasi ahli, serta uji coba lapangan yang dilakukan. Disisi lain, perlu diingat bahwa tahap diseminasi belum dilakukan pada penelitian ini, sehingga diperlukan penelitian lebih lanjut untuk menguji aspek keterpakaian dan efektivitas instrumen secara lebih luas. Kata kunci: 3D-LAP, asesmen two-tier, ikatan kimia, potensi dan keterbatasan representasi, model pengembangan 4D, representasi kimia ABSTRACT Representation plays a crucial role in chemistry learning due to the abstract nature of chemical concepts and their inability to be directly observed. One crucial skill that needs to be developed is the ability to understand the potential and limitations of representations, namely the extent to which a representation can explain chemical phenomena and the limits of the information conveyed. However, there are currently no assessment instruments specifically measuring this skill. Therefore, this study aims to develop an assessment instrument that focuses on understanding the potential and limitations of representations on the topic of chemical bonding. The development method used is the 4D model, which includes the stages of define, design, and develop. The product developed consists of 16 two-tier multiple choice questions, where the first tier assesses students' ability to understand the potential and limitations of representations, and the second tier assesses the scientific reasoning behind these choices. The instrument was validated by three experts and pilot-tested to obtain feedback from teachers. The developed assessment instrument proved valid and reliable through item analysis, expert validation, and field trials. On the other hand, it should be noted that the dissemination stage has not been carried out in this study, so further research is needed to test the usability and effectiveness aspects of the instrument more broadly. Keywords: 3D-LAP, two-tier assessment, chemical bonds, potential and limitations of representation, 4D development model, chemical representation

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 28 Oct 2025 14:16
Terakhir diubah: 28 Oct 2025 14:16
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92244

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir