PENGARUH MEDIA FLIPCHART TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI AWAL (BACA TULIS PERMULAAN) ANAK USIA 5-6 TAHUN

FRIZKA , DIGA SHINTYA (2025) PENGARUH MEDIA FLIPCHART TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI AWAL (BACA TULIS PERMULAAN) ANAK USIA 5-6 TAHUN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FRIZKA ABSTRACT - Frizka Shintya.pdf

Download (289Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL TANPA LAMPIRAN MEIRISKA - Meiriska Putri Assasi.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2101Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN MEIRISKA - Meiriska Putri Assasi.pdf

Download (1876Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media flipchart terhadap kemampuan literasi awal (baca tulis permulaan) anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu (Quasi Eksperimental Design) dengan desain Non Equivalent Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 48 anak yang berusia 5-6 tahun. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi. Observasi dilakukan menggunakan lembar observasi yang telah diuji validitas dan dinyatakan valid. Lembar observasi juga diuji reliabilitas dan dinyatakan reliabel dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach. Data penelitian diuji menggunakan uji Mann Whitney U dan diperoleh nilai signifikansi (Asymp. Sig. (2-tailed)) sebesar 0.000. Nilai tersebut kurang dari 0,05 (0,000 < 0,05), yang berarti bahwa terdapat pengaruh positif antara media flipchart terhadap kemampuan literasi awal (baca tulis permulaan) pada anak usia 5-6 tahun. Kata Kunci: media flipchart, kemampuan literasi awal, baca tulis permulaan, anak usia dini ABSTRACT This study aims to determine the influence of flipchart media on early literacy skills (beginning reading and writing) in children aged 5-6 years. The research employed a quantitative approach using a quasi experimental design with the Non Equivalent Control Group Design type. The sample consisted of 48 children aged 5-6 years. Data collection was conducted through observation using an observation sheet that had been tested for validity and declared valid. The observation sheet was also tested for reliability and found to be reliable using the Cronbach’s Alpha formula. The research data were analyzed using the Mann Whitney U test, and the result showed a significance value (Asymp. Sig. (2-tailed)) of 0.000. This value is less than 0,05 (0.000 < 0.05), indicating that there is a significant positive influence of flipchart media on early literacy skills (beginning reading and writing) in children aged 5-6 years. Keywords: flipchart media, early literacy skills, beginning reading and writing, early childhood

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Pengguna Deposit: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 29 Oct 2025 01:10
Terakhir diubah: 29 Oct 2025 01:10
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92250

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir