PENGARUH PENGGUNAAN METODE BRAINSTORMING TERHADAP MINAT BELAJAR SEJARAH PADA SISWA KELAS X DI SMKN 1 SIDOMULYO SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2024-2025

SYAFA , PUTRI TALISA (2025) PENGARUH PENGGUNAAN METODE BRAINSTORMING TERHADAP MINAT BELAJAR SEJARAH PADA SISWA KELAS X DI SMKN 1 SIDOMULYO SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2024-2025. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Syafa Putri talisa.pdf

Download (360Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL - Syafa Putri talisa.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2809Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN - Syafa Putri talisa.pdf

Download (2505Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Minat belajar merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi keberhasilan proses pembelajaran siswa. Minat yang tinggi terhadap suatu mata pelajaran akan mendorong siswa untuk lebih aktif dan antusias dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar. Salah satu inovasi yang digunakan dalam pembelajaran sejarah adalah metode pembelajaran Brainstorming. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan yang signifikan metode brainstorming terhadap minat belajar siswa sejarah kelas X di SMKN 1 Sidomulyo ajaran 2024- 2025. Penelitian ini menggunakan metode True Experimental Design dengan pendekatan pre-test dan post-test control group design. Sampel penelitian dipilih menggunakan teknik random sampling, dengan siswa yang dipilih secara acak. Teknik analisis data menggunakan uji Regresi Linier Sederhana untuk mengukur perbedaan minta belajar sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan metode pembelajaran Brainstroming terhadap minat belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis data yang menunjukkan bahwa rata-rata skor minat pada pre-test adalaha 67.09, sedangkan pada post-test meningkat menjadi 88,28. Selain itu, persamaan regresi yang diperoleh adalah Y= 45,894 + 21,191X, yang menunjukkan bahwa setiap peningkatkan perlakuan metode brainstorming memberikan tambahan skor minat belajar sebesar 21,191 poin. Hasil uji determinasi juga menunjukkan bahwa 94,1% variasi dalam minat belajar siswa menunjukkan bahwa penggunaan metode Brainstorming tidak hanya membuat pembelajaran lebih menarik, tetapi juga meningkatkan keterlibatan siswa dalam memahami materi sejarah. Kata Kunci: Minat Belajar, Metode Brainstorming, Sejarah ABSTRACT Interest learning is one of the important factors that influence the success of the student learning process. High interest in a subject will encourage students to be more active and enthusiastic in participating in teaching and learning activities. One of the innovations used in history learning is the Brainstorming learning method. This study aims to determine the significant effect of using the brainstorming method on the learning interest of class X history students at SMKN 1 Sidomulyo in the 2024-2025 academic year. This study uses the True Experimental Design method with a pre-test and post-test control group design approach. The research sample was selected using a random sampling technique, with students selected randomly. The data analysis technique used the Simple Linear Regression test to measure the difference in interest learning before and after treatment. The results showed that there was a significant effect of using the Brainstorming learning method on students' interest learning. This is evidenced by the results of data analysis which show that the average interest score in the pre- test is 67.09, while in the post-test it increases to 88.28. In addition, the regression equation obtained is Y = 45,894 + 21,191X, which shows that each additional brainstorming method treatment provides an additional learning interest score of 21,191 points. The results of the determination test also show that 94,1% of the variation in students' learning interest indicates that the use of the Brainstorming method not only makes learning more interesting, but also increases student involvement in understanding historical material. Keywords: Interest in Learning, Brainstorming Method, History.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
900 Sejarah dan Geografi
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Sejarah IPS
Pengguna Deposit: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 29 Oct 2025 01:16
Terakhir diubah: 29 Oct 2025 01:16
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92251

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir