Rona , Wirda Triani (2025) PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN KETERAMPILAN TRANSLASI ANTARLEVEL REPRESENTASI PADA TOPIK IKATAN KIMIA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
File ABSTRAK - Rona Wirda Triani.pdf Download (182Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Revisi file full SKRIPSI (Tanpa lampiran isi) - Rona Wirda Triani.pdf Restricted to Hanya staf Download (2440Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
Revisi file full SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN (Tanpa Lampiran Isi) - Rona Wirda Triani.pdf Download (2108Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen asesmen ket- erampilan translasi antarlevel representasi pada topik ikatan kimia, mendeskri- psikan karakteristik, validitas, reliabilitas, serta tanggapan guru terhadap instru- men yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate), namun dibatasi sampai tahap ketiga. Subjek dalam penelitian ini melibatkan 34 siswa dan 3 guru kimia SMA Negeri yang ada di Bandarlampung serta tiga validator ahli. Data dikumpulkan melalui validasi ahli, angket guru, serta uji coba terbatas kepada siswa, kemudian diana- lisis secara deskriptif. Hasil validasi ahli meliputi aspek kesesuaian isi yang meli- puti kesesuaian isi dengan kurikulum, keterampilan kopetensi representasional, dan 3D-LAP dan aspek konstruksi. Berdasarkan hasil validasi ahli memiliki krite- ria tinggi, sehingga produk dinyatakan valid. Hasil tanggapan guru meliputi aspek kesesuaian isi, konstruksi, dan kemenarikan. Berdasarkan hasil tanggapan guru menunjukkan bahwa instrumen ini layak digunakan sebagai alat evaluasi da- lam pembelajaran, memiliki kesesuaikan dengan materi dan memiliki susunan yang sesuai. Dengan demikian, instrumen asesmen keterampilan translasi antarlevel representasi yang dikembangkan dapat digunakan sebagai asesmen yang relevan bagi peserta didik. Kata kunci : Translasi Antarlevel, Instrumen Asesmen, representasi makros- kopik, representasi simbolik, representasi submikroskopik, ikatan kimia. ABSTRACT This study aims to develop an assessment instrument for translation skills between levels of representation on the topic of chemical bonds, describing the characteris- tics, validity, reliability, and teacher responses to the developed instrument. This study uses the 4D development method (Define, Design, Develop, Disseminate), but is limited to the third stage. The subjects in this study involved 34 students and 3 chemistry teachers of public high schools in Bandarlampung, as well as three expert validators. Data were collected through expert validation, teacher questionnaires, and limited trials with students, then analyzed descriptively. The results of expert validation include aspects of content suitability, including content suitability with the curriculum, representational competency skills, and 3D-LAP and construction aspects. Based on the results of expert validation, the product has high criteria, so it is declared valid. The results of teacher responses include as- pects of content suitability, construction, and attractiveness. Based on the results of teacher responses, it shows that this instrument is suitable for use as an evalua- tion tool in learning, has suitability with the material and has an appropriate struc- ture. Thus, the developed interlevel translation skills assessment instrument can be used as a relevant assessment for students. Keywords : Interlevel Translation, Assessment Instrument, macroscopic represen- tation, symbolic representation, submicroscopic representation, chemical bonding.
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Kimia |
| Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 01:19 |
| Terakhir diubah: | 29 Oct 2025 01:19 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92252 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
