PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE BERBANTUAN ARTICULATE STORYLINE 3 PADA MATERI JARINGAN KOMPUTER DAN INTERNET KELAS X SMK

Puji , Lestari (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE BERBANTUAN ARTICULATE STORYLINE 3 PADA MATERI JARINGAN KOMPUTER DAN INTERNET KELAS X SMK. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
FILE ABSTRAK - PUJI LESTARI - PUJI LESTARI.pdf

Download (201Kb) | Preview
[img] File PDF
FILE FULL SKRIPSI TANPA LAMPIRAN - PUJI LESTARI - PUJI LESTARI.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3022Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
FILE FULL SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - PUJI LESTARI - PUJI LESTARI.pdf

Download (2030Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis website dengan bantuan Articulate Storyline 3 menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 8 Bandar Lampung dengan subjek penelitian peserta didik kelas X dan XI serta guru Informatika kelas X. Analisis data mencakup uji kevalidan, kepraktisan, dan efektivitas. Hasil penelitian menunjukkan uji validasi media (80,21%) dan uji validasi materi (100%) yang keduanya dinyatakan sangat valid, dengan skor kepraktisan sangat praktis dari respons peserta didik (87,50%) dan persepsi guru (92,08%). Uji efektivitas produk, menunjukkan peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen (n-gain 0,43) dan kontrol (n-gain 0,36), keduanya dalam kategori sedang. Uji normalitas menunjukkan bahwa data berdistribusi tidak normal. Hasil uji hipotesis menujukkan uji Wilcoxon memperoleh nilai signifikansi 0,000 (p < 0,05). Sedangkan hasil uji Mann-Whitney U mendapat nilai signifikansi 0,000 (p < 0,05). Sehingga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dan perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol. Peningkatan kemampuan kognitif peserta didik menunjukkan bahwa kelas eksperimen mengalami peningkatan yang lebih tinggi, yaitu sebesar 44%, dibandingkan dengan kelas kontrol yang hanya meningkat sebesar 21%. Kata Kunci: Articulate Storyline 3, Hasil Belajar, Jaringan Internet dan Komputer, Media Pembelajaran. This research was conducted to develop web-based learning media with the help of Articulate Storyline 3 using the Research and Development (R&D) method with the ADDIE development model. This research was conducted at State Vocational High School 8 Bandar Lampung with the research subjects of X and XI grade students and X grade Informatics teacher. Data analysis includes validity, practicality, and effectiveness tests. The results showed that the media validation test (80,21%) and material validation test (100%) were both declared very valid, with very practical practicality scores from student responses (87,50%) and teacher perceptions (92.08%). Product effectiveness test, showing an increase in learning outcomes in the experimental (n-gain 0,43) and control (n-gain 0,36) classes, both in the medium category. The normality test shows that the data is not normally distributed. The results of the hypothesis test showed that the Wilcoxon test obtained a significance value of 0,000 (p < 0,05). While the Mann-Whitney U test results got a significance value of 0,000 (p < 0,05). So it shows that there is an influence and significant difference between the learning outcomes of the experimental class and the control class. The increase in students' cognitive abilities showed that the experimental class experienced a higher increase, which was 44%, compared to the control class which only increased by 21%. Keywords: Articulate Storyline 3, Learning Outcomes, Internet and Computer Networks, Learning Media.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Teknologi Informasi
Pengguna Deposit: UPT . Siswanti
Date Deposited: 29 Oct 2025 04:00
Terakhir diubah: 29 Oct 2025 04:00
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92292

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir