Dina Silviana, - (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY BERBASIS SOCIO-SCIENTIFIC ISSUES TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PERTAHANAN TUBUH. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
2113024012_Dina Silviana_SKRIPSI_ABSTRAK - Dina Silviana.pdf Download (246Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2113024012_Dina Silviana_SKRIPSI FULL_TANPA LAMPIRAN - Dina Silviana.pdf Restricted to Hanya staf Download (1956Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
2113024012_Dina Silviana_SKRIPSI FULL_TANPA BAB PEMBAHASAN - Dina Silviana.pdf Download (1166Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran guided inquiry berbasis SSI terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi sistem pertahanan tubuh. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI jurusan IPA di SMA Negeri 1 Melinting. Sampel yang diambil menggunakan teknik cluster random sampling dengan jumlah sampel 35 peserta didik kelas XI.1 sebagai kelas eksperimen dan 35 peserta didik kelas XI.2 sebagai kelas kontrol. Desain penelitian yang digunakan quasi experimental dengan bentuk desain pretest-posttest nonequivalent control group design. Data kemampuan berpikir kritis diambil menggunakan tes, sedangkan data tanggapan peserta didik diambil dengan angket. Hasil analisis data tes kemampuan berpikir kritis pada kelas eksperimen lebih tinggi (N-Gain 0,70) daripada kelas kontrol (N- Gain 0,52). Hasil uji independent sample t-test didapatkan nilai sig. (2-tailed) 0,00 < 0,05 artinya H1 diterima. Hasil ini juga didukung oleh uji effect size yang menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran guided inquiry berbasis SSI berpengaruh besar terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis (1,56). Hasil tanggapan peserta didik terhadap pembelajaran memberikan tanggapan positif dan hampir semua peserta didik setuju (90,00%). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran guided inquiry berbasis SSI berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Kata Kunci: Guided Inquiry, Kemampuan Berpikir Kritis, Sistem Pertahanan Tubuh, Socio-Scientific Issues This study aims to determine the effect of using a guided inquiry learning model based on SSI on students' critical thinking skills on the material of the immune system. The population of this study were all students of class XI majoring in science at SMA Negeri 1 Melinting. The sample was taken using cluster random sampling technique with a sample size of 35 students of class XI.1 as the experimental class and 35 students of class XI.2 as the control class. The research design used was quasi experimental with a pretest-posttest nonequivalent control group design. Critical thinking ability data were taken using a test, while student response data were taken using a questionnaire. The results of the analysis of critical thinking ability test data in the experimental class were higher (N-Gain 0.70) than the control class (N-Gain 0.52). The results of the independent sample t-test obtained a sig. (2-tailed) value of 0.00 <0.05, meaning that H1 is accepted. These results are also supported by the effect size test which shows that the use of the guided inquiry learning model based on SSI has a significant effect on improving critical thinking skills (1.56). The results of student responses to learning gave positive responses and almost all students agreed (90.00%). Thus, it can be concluded that the use of the guided inquiry learning model based on SSI has a significant effect on improving students' critical thinking skills. Keyword: Critical Thinking Skills, Guided inquiry, Immune System, Socio- Scientific Issues
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Biologi |
| Pengguna Deposit: | UPT . Ery Elyasari |
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 04:21 |
| Terakhir diubah: | 29 Oct 2025 04:21 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92298 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
