PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS STEM-PJBL UNTUK MEMBANGUN NATURE OF SCIENCE PADA MATERI SIFAT BENDA DAN PERUBAHAN WUJUD BENDA PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR

AMELIA, ZAHRA (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS STEM-PJBL UNTUK MEMBANGUN NATURE OF SCIENCE PADA MATERI SIFAT BENDA DAN PERUBAHAN WUJUD BENDA PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - AMELIA ZAHRA.pdf

Download (242Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL - AMELIA ZAHRA.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (7Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN - AMELIA ZAHRA.pdf

Download (3729Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa E-MODUL berbasis STEM-PJBL untuk membangun Nature of Science pada materi sifat benda dan perubahan wujud benda di kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Plomp yang mencakup tiga tahap utama, yaitu Preliminary Research, Development or Prototyping Phase dan Assessment Phase. Penelitian ini dilakukan di SDN 4 Sukajawa Bandar Lampung kelas IV semester genap. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata penilaian uji validasi materi diperoleh 85,48% (Sangat Valid), Rata-rata penilaian uji validasi ahli media 84.88% (Sangat Valid), dan rata-rata penilaian uji validasi ahli bahasa 88.00% bahasa (Sangat Valid). Rata- rata angket kepraktisan E-MODUL diperoleh 95% (Sangat Praktis) dan hasil dari praktisi (Pendidik) diperoleh 97% (Sangat Praktis). Analisis data dilakukan menggunakan uji Idenpendent samples t test yang menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0.01 dan efektivitas memperoleh N-Gain 0.73 dengan kriteria peningkatan tinggi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa E-MODUL berbasis STEM- PJBL memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif untuk membangun Nature of Science peserta didik. Kata kunci: E-MODUL, Nature of Science, Sekolah Dasar, sifat benda dan perubahan wujud, STEM-PJBL. This study aims to develop teaching materials in the form of STEM-PJBL-based E- MODULES to build the Nature of Science in the subject matter of the properties of objects and changes in the form of objects in the fourth grade of elementary school. This study is a development study using the Plomp development model, which includes three main stages: Preliminary Research, Development or Prototyping Phase, and Assessment Phase. This study was conducted at SDN 4 Sukajawa Bandar Lampung in the fourth grade during the even semester. The results of this study indicate that the average validity test score for the material was 85.48% (Very Valid), the average validity test score for media experts was 84.88% (Very Valid), and the average validity test score for language experts was 88.00% (Very Valid). The average practicality questionnaire score for the E-MODULE was 95% (Very Practical), and the results from practitioners (educators) were 97% (Very Practical). Data analysis was conducted using an independent samples t-test, yielding a significance value of 0.01 and an effectiveness score of N-Gain 0.73 with a high improvement criterion. Therefore, it can be concluded that the STEM-PJBL-based E-MODULE meets the criteria of validity, practicality, and effectiveness in developing students' understanding of the nature of science. Keywords: E-MODULE, elementary school, Nature of Science, properties of objects and changes in form, STEM-PJBL.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S2 Magister Keguruan Guru SD (KGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 29 Oct 2025 04:27
Terakhir diubah: 29 Oct 2025 04:27
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92301

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir