THE IMPLEMENTATION OF CARTOONS TO IMPROVE FIRST GRADE JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS’ ABILITY IN WRITING DESCRIPTIVE TEXT

Salsabila , Rahmawati (2025) THE IMPLEMENTATION OF CARTOONS TO IMPROVE FIRST GRADE JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS’ ABILITY IN WRITING DESCRIPTIVE TEXT. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRACT only - Salsabila Rahmawati.pdf

Download (369Kb) | Preview
[img] File PDF
skripsi full_salsabila rahmawati - Salsabila Rahmawati.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
skripsi tanpa pembahasan_salsabila rahmawati - Salsabila Rahmawati.pdf

Download (3666Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan yang signifikan dari kemampuan menulis siswa dalam teks deskriptif setelah mereka diajarkan menggunakan kartun sebagai media pembelajaran. Populasi penelitian ini adalah siswa tahun pertama SMPN 1 Pekalongan, dan sampelnya adalah kelas VII-3, yang terdiri dari 30 siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain One Group Pretest-Posttest dalam bentuk esai. Kemampuan menulis siswa dinilai sebelum dan sesudah perlakuan. Data dianalisis menggunakan uji-t Sampel Berpasangan melalui SPSS versi 30.0. Temuan menunjukkan bahwa skor rata-rata meningkat dari 64,61 pada pra-tes menjadi 89,78 pada pasca-tes, dengan kenaikan 25,17. Nilai signifikansi dua sisi kurang dari 0,001, mendukung hipotesis alternatif (H1) pada tingkat 0,05. Nilai t sebesar 28,726 juga jauh lebih besar daripada nilai t tabel sebesar 2,045 (df = 29). Hal ini menunjukkan bahwa skor menulis siswa pada tes akhir secara signifikan lebih tinggi daripada tes awal. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kartun efektif untuk meningkatkan kemampuan menulis teks deskriptif siswa. Kata kunci: kartun, teks deskriptif, menulis. This present study aimed to find out whether there was significant improvement of the students’ writing ability in descriptive text after they were taught using cartoons as learning media. The population of this study was the first-year students of SMPN 1 Pekalongan, and the sample was class VII-3, consisting of 30 students. This study employed a quantitative method with a One Group Pretest- Posttest design in the form of an essay. The students’ writing abilities were assessed before and after the treatment. The data were analyzed using a Paired- Sample t-test through SPSS 30.0 version. The findings indicated that the mean score increase from 64.61 in the pre-test to 89.78 in the post-test, with a gain of 25.17. The two-tailed significance value was less than 0.001, supporting the alternative hypothesis (H1) at a 0.05 level. The t-value of 28.726 was also considerably greater than the t-table value of 2.045 (df = 29). This indicates that the students’ writing scores in the post-test were significantly higher than in the pre-test. Therefore, it can be concluded that cartoons are effective to improve students’ descriptive text writing ability. Keywords: cartoons, descriptive text, writing.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
400 Bahasa > 420 Bahasa Inggris dan Inggris kuno (Anglo-Saxon)
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Bahasa Inggris
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 29 Oct 2025 04:45
Terakhir diubah: 29 Oct 2025 04:45
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92308

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir