PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 29 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Ajaran 2024/2025)

Ulfiyana , - (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 29 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Ajaran 2024/2025). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Ulfiyana.pdf

Download (244Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB I II III IV V LENGKAP DIGILIB (2) - Ulfiyana.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1761Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
BAB I II III V TANPA PEMBAHASAN (2) - Ulfiyana.pdf

Download (1601Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir reflektif matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 29 Bandar Lampung semester genap tahun ajaran 2024/2025 yang terdistribusi dalam 9 kelas. Sampel penelitian dipilih melalui teknik cluster random sampling yaitu siswa kelas VIII.5 sebagai kelompok eksperimen dan VIII.3 sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes. Berdasarkan hasil analisis dengan uji t’ diperoleh kesimpulan bahwa peningkatan kemampuan berpikir reflektif matematis siswa yang mengikuti model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih tinggi daripada peningkatan kemampuan berpikir reflektif matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Dengan demikian, model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap kemampuan berpikir reflektif matematis siswa. Kata kunci: berpikir reflektif matematis, inkuiri terbimbing, pengaruh This research aimed to determine the effect of guided inquiry learning model on students' mathematical reflective thinking skills. This research was a quasi experiment with a quantitative approach and used pretest-posttest control group design. The population of this study were VIII grade students of SMP Negeri 29 Bandar Lampung even semester of the 2024/2025 academic year which were distributed into 9 classes. The research sample was selected through cluster random sampling technique, namely students of class VIII.5 as the experimental group and VIII.3 as the control group. The data collection technique used in this research was the test. Based on the results of the analysis with the t’ test, it is concluded that the increase of students' mathematical reflective thinking skills who followed the guided inquiry learning model was higher than the increase of students' mathematical reflective thinking skills who followed the conventional learning. Thus, the guided inquiry learning model has an effect on students' mathematical reflective thinking skills. Keywords: effect, guided inquiry learning, mathematical reflective thinking

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: UPT . Siswanti
Date Deposited: 29 Oct 2025 07:09
Terakhir diubah: 29 Oct 2025 07:09
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92311

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir