NIKEN , AZZAHRA (2025) PENGARUH LKPD BERBASIS PROYEK TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK_niken azzahra - NIKEN AZZAHRA.pdf Download (196Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SKRIPSI FULL_niken azzahra - NIKEN AZZAHRA.pdf Restricted to Hanya staf Download (2503Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN_niken azzahra - NIKEN AZZAHRA.pdf Download (2275Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis proyek terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas IV SD Negeri 3 Way Galih dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik, yang terlihat dari nilai rata-rata pretest kelas IV A sebesar 51,61% dan kelas IV B sebesar 46,31%. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi eksperimen. Instrumen yang digunakan berupa tes berpikir kritis berdasarkan indikator Ennis. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada kelompok eksperimen, dengan rata-rata skor pretest 19,88 dan posttest 35,42. Sementara pada kelompok kontrol, rata-rata skor pretest sebesar 23,13 dan posttest 30,04. Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan LKPD berbasis proyek efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik sekolah dasar. Kata kunci: LKPD berbasis proyek, berpikir kritis, Pendidikan Pancasila, quasi eksperimen, This study aimed to determine the effect of using project-based Student Worksheets (LKPD) on the improvement of critical thinking skills among fourth-grade students at SD Negeri 3 Way Galih in the Civic Education learning process. The background of this research was based on the low critical thinking abilities of the students, as evidenced by the average pretest scores of 51.61% for class IV A and 46.31% for class IV B. This research employed a quantitative approach with a quasi- experimental design. The instrument used was a critical thinking test based on Ennis's indicators. The analysis results indicated a significant improvement in the experimental group, with an average pretest score of 19.88 and a posttest score of 35.42. Meanwhile, in the control group, the average pretest score was 23.13 and the posttest score was 30.04. These findings demonstrated that the use of project-based LKPD was effective in enhancing the critical thinking skills of elementary school students. Keywords: project-based LKPD, critical thinking, Civics Education, quasi experiment,
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
| Pengguna Deposit: | UPT . Desi Zulfi Melasari |
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 07:41 |
| Terakhir diubah: | 29 Oct 2025 07:41 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92323 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
