HUBUNGAN HARDINESS TERHADAP STRES AKADEMIK MAHASISWA TINGKAT AKHIR JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS LAMPUNG

QAIS , MA’UNNAH (2025) HUBUNGAN HARDINESS TERHADAP STRES AKADEMIK MAHASISWA TINGKAT AKHIR JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT -QAIS MA’UNNAH.pdf

Download (224Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL -QAIS MA’UNNAH.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1170Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - QAIS MA’UNNAH.pdf

Download (1054Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara hardiness dengan stres akademik pada mahasiswa tingkat akhir Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni Universitas Lampung. Hardiness merupakan kepribadian yang berfungsi sebagai ketahanan psikologis dalam menghadapi tekanan, sedangkan stres akademik adalah tekanan yang dialami mahasiswa akibat tuntutan akademik, khususnya dalam menyelesaikan tugas akhir. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional dan populasi penelitian ini sebanyak 460 mahasiswa dengan sampel 100 mahasiswa tingkat akhir yang dipilih secara convinience sampling. Instrumen yang digunakan berupa skala hardiness dan skala stres akademik. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan negatif yang signifikan antara hardiness dan stres akademik, yang ditunjukkan dengan indeks korelasi rhit rhit = -0,614 > rtab = 0,134, dengan p = 0,001 ; p < 0,05 maka Ho ditolak, artinya semakin tinggi tingkat hardiness mahasiswa, semakin rendah tingkat stres akademik yang dialami. Temuan ini menegaskan pentingnya pengembangan hardiness untuk membantu mahasiswa mengelola stres akademik selama masa penyelesaian studi. Kata Kunci: Hardiness, Stres Akademik, Mahasiswa This study aims to examine the relationship between hardiness and academic stress among final-year students in the Department of Language and Arts Education at the University of Lampung. Hardiness is a personality trait that functions as psychological resilience in facing pressure, while academic stress refers to the pressure experienced by students due to academic demands, especially in completing their final project. This research employs a quantitative method with a correlational approach. The population consists of 460 students, with a sample of 100 final-year students selected using convenience sampling. The instruments used were the hardiness scale and the academic stress scale. The results show a significant negative relationship between hardiness and academic stress, indicated by a correlation coefficient of rhit = -0.614, which is greater than the critical value rtab = 0.134, with p = 0.001 < 0.05. Therefore, H0 is rejected, meaning that the higher the students’ hardiness level, the lower the academic stress they experience. These findings emphasize the importance of developing hardiness to help students manage academic stress during their study completion period. Keywords: Hardiness, Academic Stress, Students

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Bimbingan dan Konseling
Pengguna Deposit: UPT . Siswanti
Date Deposited: 29 Oct 2025 08:25
Terakhir diubah: 29 Oct 2025 08:25
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92329

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir