M. Ilham , Safa’at (2025) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIS GURU TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA SMA NEGERI 1 WAY JEPARA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK - M. Ilham Safa'at.pdf Download (296Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SKRIPSI FULL - M. Ilham Safa'at.pdf Restricted to Hanya staf Download (2030Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMABAHASAN - M. Ilham Safa'at.pdf Download (1721Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Peran kompetensi pedagogis guru sangat penting dalam menghadapi tantangan dunia pendidikan, khususnya dalam meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik. Salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan peserta didik adalah kemampuan guru dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran secara efektif melalui kompetensi pedagogis yang dimilikinya. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan mengetahui pengaruh kompetensi pedagogis guru terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di SMA Negeri 1 Way Jepara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 44 peserta didik yang diambil menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket, wawancara, dan observasi. Analisis data dilakukan dengan uji regresi sederhana menggunakan software SPSS untuk mengetahui pengaruh variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogis guru berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar kognitif peserta didik dengan kontribusi sebesar 62,6%. Temuan ini menunjukkan bahwa semakin tinggi kompetensi pedagogis guru, maka semakin baik pula hasil belajar kognitif peserta didik. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi guru dan pihak sekolah dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran melalui penguatan kompetensi pedagogis. Kata Kunci: Hasil Belajar Kognitif, Kompetensi Pedagogis, Pendidikan Pancasila, Peserta Didik The role of teachers’ pedagogical competence is crucial in facing challenges in the education world, particularly in improving students’ cognitive learning outcomes. One of the factors influencing students’ success is the teacher’s ability to design, implement, and evaluate learning effectively through their pedagogical competence. This study aims to explain and identify the influence of teachers’ pedagogical competence on students’ cognitive learning outcomes in the Pancasila Education subject at SMA Negeri 1 Way Jepara. This research used a quantitative descriptive approach. The sample consisted of 44 students selected using random sampling technique. Data collection was carried out through questionnaires, interviews, and observations. Data analysis was performed using simple regression test with the help of SPSS software to determine variable influence. The results showed that teachers’ pedagogical competence had a significant influence on students’ cognitive learning outcomes, contributing 62,6%. This finding indicates that the higher the teacher’s pedagogical competence, the better the students’ cognitive learning outcomes. This study is expected to serve as a reference for teachers and schools in efforts to improve learning quality through strengthening pedagogical competence. Keywords: Cognitive Learning Outcomes, Pancasila Education, Pedagogical Competence, Students
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) |
| Pengguna Deposit: | UPT . Desi Zulfi Melasari |
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 08:26 |
| Terakhir diubah: | 29 Oct 2025 08:26 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92335 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
