Adi , Setiawan (2025) PEMBELAJARAN DIFERENSIASI BERBASIS GAYA BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN NILAI KARAKTER PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA MATA PELAJARAN IPS DI UPT SMP NEGERI 1 KASUI. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.
| 
 | File PDF 1. ABSTRAK - Adi Setiawan.pdf Download (719Kb) | Preview | |
| ![[img]](http://digilib.unila.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | File PDF 2. SKRIPSI FULL - Adi Setiawan.pdf Restricted to Hanya staf Download (2171Kb) | Minta salinan | |
| 
 | File PDF 3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN - Adi Setiawan.pdf Download (2147Kb) | Preview | 
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini menganalisis efektivitas penerapan strategi pembelajaran diferensiasi dalam upaya peningkatan nilai karakter profil pelajar Pancasila. Metode yang diterapkan adalah Penelitian kualitatif deskriptif, peneliti menggunakan penelitian kualitatif deskriptif karena objek yang akan diteliti bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui lebih mendalam mengenai penerapan strategi pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan nilai karakter profil pelajar pancasila pada mata pelajaran IPS. Pengumpulan data terkait nilai karakter profil pelajar Pancasila dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi strategi pembelajaran diferensiasi terbukti efektif dalam meningkatkan nilai karakter profil pelajar Pancasila peserta didik dalam konteks pembelajaran IPS. Hal ini tercermin dari peningkatan signifikan yang terjadi secara konsisten pada penerapan penelitian dalam pembelajaran IPS, Penelitian dilakukan dengan pencapaian 26 siswa atau 89,65% berhasil menunjukkan nilai karakter profil pelajar Pancasila yang diharapkan. Secara paralel, kualitas pelaksanaan pembelajaran yang diselenggarakan oleh guru juga menunjukkan perkembangan positif pada penelitian ini. penelitian ini menunjukkan pencapaian 46/56 terhadap kualitas pembelajaran yang dilakukan guru. Data mengindikasikan korelasi positif antara peningkatan kualitas pembelajaran yang diselenggarakan oleh guru dengan pengembangan nilai karakter profil pelajar pancasila peserta didik. Semakin optimal pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru, semakin baik pula nilai karakter yang terinternalisasi pada diri peserta didik. Kata Kunci: Pembelajaran diferensiasi, nilai karakter profil pelajar pancasila, Pembelajaran IPS. This study analyzes the effectiveness of the implementation of differentiation learning strategies in an effort to improve the character values of Pancasila student profiles. The method applied is descriptive qualitative research, researchers use descriptive qualitative research because the object to be studied aims to describe and find out more deeply about the implementation of differentiated learning strategies to improve the character values of Pancasila student profiles in social studies subjects. Data collection related to the character values of Pancasila student profiles was carried out through observation, interviews and documentation. The results of the study indicate that the implementation of differentiation learning strategies has proven effective in improving the character values of Pancasila student profiles of students in the context of social studies learning. This is reflected in the significant increase that occurs consistently in the application of research in social studies learning, the study was conducted with the achievement of 26 students or 89.65% successfully showing the expected character values of Pancasila student profiles. In parallel, the quality of the implementation of learning organized by teachers also showed positive developments in this study. This study shows the achievement of 46/56 on the quality of learning carried out by teachers. The data indicates a positive correlation between improving the quality of learning organized by teachers and the development of the character values of Pancasila student profiles of students. The more optimal the implementation of learning carried out by teachers, the better the character values that are internalized in students. Keywords: Differentiation learning, Pancasila student profile character values, Social Studies Learning.
| Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) | 
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan | 
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S2 Magister Pendidikan IPS | 
| Pengguna Deposit: | UPT . Desi Zulfi Melasari | 
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 08:31 | 
| Terakhir diubah: | 29 Oct 2025 08:31 | 
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92336 | 
Actions (login required)
|  | Lihat Karya Akhir | 
 
        