EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLI SIGEH PENGUTEN (MOSEN) DALAM EKSTRAKURIKULER TARI DI SD NEGERI 4 METRO BARAT

Septika, Heriani (2025) EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLI SIGEH PENGUTEN (MOSEN) DALAM EKSTRAKURIKULER TARI DI SD NEGERI 4 METRO BARAT. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Kika Riani.pdf

Download (221Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL - Kika Riani.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1725Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN - Kika Riani.pdf

Download (768Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk menguji Efektivitas Media Pembelajaran Mosen Dalam Ekstrakurikuler Tari Sigeh Penguten di SD Negeri 4 Metro Barat. Tari Sigeh Penguten merupakan salah satu tarian tradisional Lampung yang memiliki nilai budaya dan estetika tinggi. Namun, seringkali siswa mengalami kesulitan dalam menguasai gerakan tari secara detail. Media pembelajaran Mosen diharapkan dapat menjadi solusi inovatif untuk meningkatkan pemahaman siswa mengenai nama serta detail ragam Gerak tari Sigeh Penguten. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain one group pretest-postest desaign. Sampel dalam penelitian ini melibatkan siswa-siswa yang mengikuti ekstrakurikuler Tari Sigeh Penguten di SD Negeri 4 Metro Barat. Data dikumpulkan melalui observasi, tes praktik tari, dan kuesioner untuk mengukur tingkat pemahaman dan penguasaan gerakan tari sebelum dan sesudah penggunaan media Mosen. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam penguasaan gerakan tari siswa dan dapat dilihat pada saat pre-test. Rata-rata hasil belajar ekstrakurikuler siswa hanya 69,37, kemudian setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan media pembelajaran Mosen rata-rata hasil belajar ekstrakurikuler siswa meningkat menjadi 85,31. Hal ini membuktikan bahwa media pembelajaran Mosen efektif dalam mendukung proses pembelajaran Tari Sigeh Penguten di SD Negeri 4 Metro Barat. Kata kunci: media pembelajaran Mosen, tari Sigeh Penguten, ekstrakurikuler tari This study aims to examine the effectiveness of Mosen learning media in Sigeh Penguten Dance extracurricular activities at SD Negeri 4 Metro Barat. Sigeh Penguten Dance is one of Lampung's traditional dances that has high cultural and aesthetic values. However, students often have difficulty in mastering dance movements accurately. Mosen learning media is expected to be an innovative solution to improve students' understanding and skills in dancing. The research method used is quantitative research method with one group pretest-postest desaign design. The sample in this study involved students who participated in Sigeh Penguten Dance extracurricular activities at SD Negeri 4 Metro Barat. Data were collected through observation, dance practice tests, and questionnaires to measure the level of understanding and mastery of dance movements before and after the use of Mosen media. The results showed a significant increase in students' mastery of dance movements can be seen at the time of the pre-test, the average student extracurricular learning outcomes were only 69.37, then after being given treatment using Mosen learning media, the average student extracurricular learning outcomes increased to 85.31. This proves that Mosen learning media is effective in supporting the Sigeh Penguten Dance learning process at SD Negeri 4 Metro Barat. Keywords: mosen learning media, Sigeh Penguten dance, dance extracurricular acttivities

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: UPT . Siswanti
Date Deposited: 29 Oct 2025 08:34
Terakhir diubah: 29 Oct 2025 08:34
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92337

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir